Terbaru

6/recent/ticker-posts

Materi Kuliah Bahasa Indonesia PGSD: PRAKTIK MEMBACA CEPAT

PRAKTIK MEMBACA CEPAT

Dosen: Sujak, S.Pd., M.Pd

Sebelum melakukan praktik membaca cepat, mahasiswa perlu tahu bagaimana cara menentukan kecepatan membaca cepat tersebut? Caranya menggunakan rumus berikut ini.

Jumlah kata yang dibaca

————————————- x 60 = jumlah kpm (kata per menit)

Jumlah detik untuk membaca

Untuk menghitung jumlah kata dalam bacaan yang dibaca, hitung jumlah kata dalam lima baris dahulu lalu bagi lima. Hasilnya merupakan jumlah rata-rata per baris dari bacaan itu. Lalu jumlah barus yang dibaca tersebut dan kalikan dengan jumlah rata-rata tadi, hasilnya merupakan jumlah kata yang dibaca.

Misalnya:

Jumlah kata per baris rata-rata = 11

Jumlah baris yang Anda baca = 60

Jumlah kata yang Anda baca = 11 x 60 = 660 kata

Jika Anda membaca 2 menit dan 10 detik, atau total membaca 130 detik maka kecepatan Anda:

660 kata/130 detik x 60 = 342 kata per menit.

Contoh: Tes Membaca Cepat

Obat Batuk pun Bisa BerbahayaBatuk sebenarnya bukan penyakit, rifleks karena mengalami rangsangan atau gangguan saluran pernafasan. Seseorang bisa batuk karena rangsangan udara yang berpolusi, asap pabrik, asap rokok, bau-bauan,gas yang merangsang atau kekurangan udara. Batuk juga bisa terjadi karena saluran pernafasan atau paru-paru terkena infeksi kuman-kuman tertentu. Udara dingin atau lembab dapat juga membuat orang batuk atau bersin.
Obat batuk yang dijual di pasaran bebas umumnya terdiri atas obat atau campuran obat yang mengandung bahan yang dapat mengeluarkan lendir atau riak agar saluran pernafasan bersih dari gangguan atau rangsangan penyebab batuk itu. Obat batuk sejenis ini disebut ekspektoran . Selain itu, ada juga obat batuk yang tidak dapat mengeluarkan lendir, tetapi dapat menekan saraf batuk.

Obat batuk ekspektoran biasanya mengandung bahan obat seperti succus liguiritae, salmiak, ammonium. Chloride, bromheksin, dan carbosistein atau derivatnya. Yang dimaksud derivat adalah guaiacol, seperti guaiphenesin, thiocol, dan opecac. Karena khasiatnya yang dapat mengeluarkan lendir, obat golongan ekspektoran tidak dibenarkan untuk diberikan kepada anak-anak yang belum bisa atau yang tidak bisa mengelarkan dahaknya sendiri. Juga orang lanjut usia yang sudah lemah fisiknya karena dikhawatirkan dapat menyumbat saluran pernafasan.

Obat batuk yang berkhasiat menekan pusat saraf batuk, terdiri atas obat golongan narkotik, seperti cadein, doveri, codipront, destrometorphan, HBr, cloperastin,tipepidin, oksolamin, dibunate, dan obat narkotik lainnya. Jenis obat batuk ini mempunyai efek sampingan susah buang air besar. Obat batuk ini termasuk obat keras. Dalam dosis tinggi, destrometorpham HBr dapat menekan saraf sentral sehingga dapat menimbulkan depresi. Bahkan jika 10 s.d. 20 tablet ini dicampur dengan alkohol, maka dapat membuat orang fly. Akibatnya obat ini sering disalahgunakan. Obat batuk jenis ini merupakan senyawa bromide, zat yang dapat menenangkan pikiran. Oleh karena itu, jika digunakan dalam dosis tinggi dan dalam waktu lama, pemakaiannya bisa menjadi pikun.

Obat yang dijual di pasaran bebas mengandung bahan-bahan yang disebutkan di atas. Obat-obat tersebut aman, asal diminum sesuai dengan keterangan dokter atau aturan pakai yang tertulis dalam kemasannya.

Dikutip dari Materi Pelatihan Terintegrasi Buku 3

Kerjakanlah tugas berikut ini!


Pilihlah jawaban

A . bila pernyataan 1,2, dan 3 benar

B. bila pernyataan 1 dan 3 benar

C . bila pernyataan 2, dan 4 benar

D . bila hanya pernyataan 4 saja yang benar

1) Batuk sebenarnya bukan penyakit malainkan…

(1) hanya rangsangan saluran pernafaan

(2) karena polusi udara

(3) disebabkan kekurangan udara

(4) karena gangguan pencernakan

2) Obat batuk yang dijual di pasar bebas merupakan campran obat yang mengandung…

(1) bahan yang dapat mengeluarkan lendir

(2) bahan narkotik yang berbahaya bagi pemakainya

(3) bahan yang dapat melancarkan seluran pernafasan

(4) bahan yang memabukkan

3) Obat batuk golongan ekspektoran tidak boleh diberikan anak-anak, karena…

(1) mengandung narkotik

(2) anak belum mampu mengeluarkan lendir sendiri

(3) Anak tidak tahan terhadap obat itu

(4) Akan menyumbat saluran pernafasan

4) Obat batuk yang mengandung narkotik berkhasiat menekan pusat saraf batuk. Jenis obat ini mempunyai efek samping…

(1) membuat susah tidur

(2) pusing dan muntah-muntah

(3) menyebabkan kelumpuhan

(4) susah buang air besar

5) Ramuan obat yang mengandung narkotik aman bagi pemakaiannya, asalkan…

(1) sesuai aturan dokter

(2) tidak over dosis

(3) menyelaraskan aturan yang tertera pada label

(4) dicampur dengan alkohol

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

6) Obat batuk yang mengandung narkotik mempunyai efek samping yaitu susah buang air besar dan jika over dosis menyebabkan pikun. Anisipasi untuk hal tersebut adalah…

tidak minum obat batuk
pemakaian obat batuk harus sesuai aturan
menggunakan obat yang dibuat sendiri
menghindari sakit batuk
7) Penyebab sakit batuk ada dua kemungkinan, yaitu gangguan saluran pernafasan atau paru-paru terkena infeksi. Hal yang perlu dilakukan untuk menghindari hal tersebut adalah…

mencegah terjadinya polusi udara
menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan rangsangnan udara penyebab batuk
tidak banyak mengadakan kegiatan di luar rumah
menutup saluran pernafasan
8) Setelah membaca bacaan di atas diharapkan dapat memperoleh petunjuk menemukan cara memilih obat batuk yang baik. Hal yang harus diperhatikan adalah…

obat batuk golongan ekspektoran tidak baik diberikan kepada anak-anak
banyak mengandung bahaya
obat batuk dapat menyebabkan pikun
pemakaian obat batuk harus dihindari
9) Obat batuk yang berkhasiat menekan pusat batuk terdiri atas obat golongan narkotik. Ada sejumlah bahaya yang bisa mengancam pemakainya.

Dalam dosis tinggi dapat mengganggu saraf sentral
Bisa menyebabkan gila si pemakai
Dapat menimbulkan kematian
Menyebabkan pemakai muntah-muntah
10) Dekstrometorpham dengan jumlah 10 –– 20 tablet dapat membuat orang fly. Seperti ini bisa terjadi bila…

Diminum dengan dicampur alkohol
dioplos dengan minuman lain
dosisnya ditambah tinggi
diminum sebelum makan.
Kunci jawaban:

No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Jwb a b c d A b b a a a
Melatih Siswa Membaca Cepat

Kegiatan membaca dilakukan bersama-sama oleh mata dan otak. Mata bekerja seperti kamera, yaitu memotret. Hasilnya film negatif. Mata melihat dan otak menginterpretasikan saat itu juga sehingga “apa yang Anda lihat itulah yang Anda dapat”. Otak menyerap apa yang dilihat mata. Oleh karena itu, melihat adalah mengerti.

Unsur utama membaca adalh otak, mata hanya alat mengantarkan gambar ke otak lalu otak memberikan interpretasi terhadap apa yang dituju oleh mata itu. Interpretasi itu tidak bergantung pada ketajaman penglihatan, tetapi kejernihan dan kekayaan pengertian kita, pada persepsi kita.

Bukti bahwa dalam membaca fungsi otak lebih penting daripada mata dapat dilihat pada orang yang mengalami luka hebat di otak, ternyata ia menjadi buta secara menyeluruh dan selamanya meski mata orang itu tetap berfungsi dengan sempurna.. Sebaliknya, orang yang buta masih bisa membaca, yaitu dengan meraba huruf-huruf braille karena arus informasi dari semua bagian tubuh mengalir ke otak.

Dalam kegiatan membaca, persepsi dan interpretasi otak terhdap tulisan yang dilihat oleh mata dapat dilihat pada lamanya mata berfiksasi. Apabila persepsinya kuat (berkat informasi yang dimiliki), fiksasi berlangsung cepat, pembaca tidak berhenti lama di satu fiksasi, tetapi segera melompat ke fiksasi berikutnya. Latihan berikut ini berguna untuk mempercepat fiksasi Anda dan mengurangi regresi atau pengulangan ke belakang.

Latihan Persepsi Kata

Latihan Persepsi 1
Caranya sebagai berikut:

(a) Lakukan secepat-cepatnya. Pandangan kata kunci di belakang nomor dalam sekejab, dan segera meluncur ke kanan, temukan kata yang sama. Jangan berlama-lama. Setelah ditemukan langsung coret.

(b) Jika telah tiba pada kata paling kanan dan ternyata Anda tidak berhasil menemukan jangan regresi, langsung pindah ke baris berikutnya.

(c) Ingat jangan kembali ke belakang. Gerakkan mata secepat-cepatnya, jika ternyata Anda keliru mencoret jangan mencoba memperbaiki, terus saja pindah ke baris berikutnya.

(d) Targe Anda adalah dari 25 nomor harus betul 20 dalam tempo 30 detik

Temukan satu kata kembarannya:

1) gerhana geraham berhala, sahaja, gerhana, gerakan

2) lingkungan tikungan, lengkungan, cekungan, lingkungan.

……dst (sampai 25 soal) Anda buat sendiri seperi dua soal tersebut dan latihkanlah pada siswa Anda. Ingin garis bawahi kata yang sama maksimal 30 detik.

Latihan Persepsi II
Kali ini pada setiap baris ada dua kata yang sama dengan kata kunci yang ada di belakang nomor. Lakukanlah dengan cara sebagai berikut:

(a) Bidik kata kuncinya dengan cepat dan segera temukan )scen) dua kata kembarnya di kanan. Loangsung coret.

(b) Sebelum menyelesaikan sampai 25 nomor jangan berhenti untuk mencocokkan. Teruskan sampai selesai.

(c) Setelah selesai, hitung nilai Anda. Target Anda adalah 20 nomor benar dalam waktu 20 deetik

Contoh soal latihan:Temukan dua kata kembarannya:
1) mawar mapan memar mawar nawar mawar rawan

2) bunga bumi bunga bangga bunyi bunga bunda

…dst sampai 25 soal.

Latihan Persepsi III
Latihan persepsi berikut mungkin agak sulit, memakai kata-kata bahasa Inggris. Caranya tetap sama.

(a) Kaitkan secara visual. Jangan dilavalkan, pandang sekejab kata kuncinya, lalu meluncur ke kanan dan coret yang sama.

(b) Segeralah ke baris berikutnya. Bidiklah kamera mata Anda sekejab. Jangan berusaha mengetahui artinya.

(c) Jika Anda tidak berhasil mencari kembarannya, jangan kembali ke belakang. Teruskan ke baris berikutnya. Target Anda 20 benar dalam 20 detik.

Contoh soal latihan

Tentukan satu soal kembarnya:

1) foreigt forever oreigt foreigner gather family

2) actually naturally actual actuallyaapartial

…dst. sampai 25 soal.

Latihan Persepsi Frase

Latihan Persepsi Frase I
Latihan berikutnya mengenali frase dengan cepat. Bacalah ke bawah dan setiap kali Anda menemukan frase ke sanak ki coret dengan pensil Anda. Lakukan secepat-cepatnya. Usahakan dengan tempo kurang dari 30 detik.

(a) ingat: lakukan dengan cepat sekali

(b) Gerakkan mata ke baah

Frase kunci: ki sanak ki

mau ke mana

katakan saja

dua dan tiga

ki sanak ki

…dst. sampai 25 frase

Latihan Persepsi Frase II
Latihan berikut masih sama dengan yang baru lalu. Temukan frase yang sama, dan coret frase itu. Lakukan secepat-cepatnya, kurang dari 20 detik.

Frase kunci: dia di danau

Di di danau

Tahu dan empe

Tahu sama tahu

Di ke dari

Dia di danau

…dst. sampai 25 frase

Latihan Persepsi Frase III
Lakukan dengan cara yang sama

Frase kunci : Suka sama suka

Saya sama dia

Indra mahendra

Inilah air mata

Mata sapi bulat

Suka sama suka

…dst. sampai 25 frase

Latihan Persepsi Frase IV
Berikut ini latihan persepsi yang terakhir. Lakukan dengan cara yang sama. Jangan berusaha kembali ke atas. Lakukan kurang dari 20 detik

Frase kunci: mana di mana

Apa yang jadi

Lampunya ada dua

Murah tapi kuat

Merah tapi kelam

Mana di mana

…dst. sampai 25 frase

Gerak Mata dalam Membaca

Gerakan mata sangat bergantung pada jarak benda yang dilihat. Apabila kita melihat jauh mengikuti benda yang bergerak di lapangan pandang yang luas, mata bergerak halus dan rata seperti yang kita rasakan. Akan tetapi, apabila kita melihat benda-benda di jarak yang dekat seperti kalau kita melihat gambar atau membaca- gerakan mata cepat, tersentak-sentak dalam irama tarikan-tarikan kecil, seperti melompat-lompat

Setiap kita melihat suatu benda termasuk membaca, mata kita tidak mengambang liar, juga tidak mengalir seperti yang kita rasakan, tetapi berhenti mengarah ke suatu sasaran (kata) sementar lalu melompat ke sasaran berikutnya (melompat berhenti, melompat berhenti). Pemberhentian ini disebut fiksasi.

Pembaca yang tidak efisien dalam satu fiksasi hanya dapat satu atau dua kata yang diserap. Pembaca yang efisien dapat menyerap tiga atau empat kata. Kesulitan fiksasi bukan karena kesulitan fisik, melainkan karena kesulitan mental. Bukan karena otot mata, melainkan karena ketidakmampuan dari pikiran menyerap dengan cepat dan tanpa salah informasi berikutnya.

Untuk mendapatkan kecepatan dan efisiensi membaca dapat diusahakan hal berikut:

1) Melebarkan jangkauan mata dan lompatan mata yaitu satu fiksasi meliputi 2 atau 3 kata.

2) Membaca satu fiksasi untuk suatu unit pengertian, cara ini lebih mudah diserap otak.

Contoh:

Saya suka baju lengan panjang

* *

Saya suka baju lengan panjang

* * * *

3) Selalu membaca untuk mendapatkan isinya, artinya bukan untuk menghafal kata-katanya.

4) Mempercepat peralihan dari fiksasi ke fiksasi, tidak terlalu lama berhenti dalam satu fiksasi Percepat gerak mata dari fiksasi ke fiksasi berikutnya. Semakin sedikit waktu unntk berhenti semakin baik.

Latihan Melebarkan Jangkauan Mata I

Fokuskan pandangan ke angka di barisan tengah dan coalah membaca tiga angka sekaligus (termasuk di kiri dan kanannya). Misalnya, untuk barisan petama baca dalam batin, “seratus lima jangan satu nol 5

Misalnya:

12
3

2

3

…Dst. Sebanyak mungkin.

05
6

3

8

56
7

2

3

Latihan Melebarkan Jangkauan Mata II

Latihan berikutnya terdiri dari tiga kata yang erat berkaitan dan besar kemungkinan Anda sudah akrab dengan frase atau ungkapan itu. Perhatikan kata di tengah dan sekaligus usahakan menjangkau kata di kiri dan kanannya. Bacalah sekaligus sebagai satu frase, jangan secara terpisah-terpisah. Jadi baris pertama mesti Anda baca sebagai berikut : rumah sakit mata.

Perhatikan: Tetaplah perhatian di tengah, dan bergeraklah ke bawah, ke baris-baris berikutnya, usahakan kepala tidak ikut bergerak.

RUMAHIBU
RUMAH

…dst. sebanyak mungkin

SAKITKITA
SAKIT

MATAKARTINI
MUHAMMADIYAH

Latihan Melebarkan Jangkuan Mata III

Lakukan latihan III ini dengan membaca bilangan yang ada dari kiri 1 sampai yang terakhir. Latakkan buku di hadapan Anda, dan usahakan hanya biji mata saja yang bergerak. Bacalah dengan menggerakkan mata secara cepat. Lakukanlah setiap hari beberapa kali selam dua minggu

Misalnya

Posting Komentar

0 Komentar