Terbaru

6/recent/ticker-posts

Berbagai kegiatan keterpaduan menyimak dengan fokus berbicara

  1. Menyimak dan bercerita
Sebuah cerita ternyata sangat bermanfaat untuk masa depan umat manusia. Dengan mendengarkan cerita kita akan memiliki kemampuan imajinatif, matematika dan bahasa. Ketiganya merupakan tulang punggung kemajuan peradaban manusia. Dengan ketiga kemampuan tersebut, manusia dapat mengembangkan teknoligi dan kebudayaan.
Kebiasaan mendengarkan cerita dapat menambah kemampuan berbahasa. Selain itu dapat menanamkan budi pekerti. Rene Descrates berpendapat bahwa orang yang memilliki daya nalar tinngi dan mampu mengatur pikirannya dengancara sebaik-baiknya agar jelas dan mudah dimenegrti orang lain, selalu paling meyakinkan orang lain dengan cara berbicara.
Dari acuan ini dapat dikatakan bahwa daya nalar yang tinggi terletak pada kemampuan berbicara (menggunakan bahasa).

  1. Menyimak dan bercakap-cakap
Secara langsung komunikasi akan lebih efektif apabila pihak pertama dan kedua mampu berbicara dan menyimak secara baik dan benar. Keterikatan pembicara dalam percakapan biasanya berhubungan erat dnegan topik pembicaraan yang aktual. Selain itu adanya hubungan sosial yang baik atau merasa ada kedekatan diantara mereka.

  1. Menyimak dan Diskusi
Arena diskusi yang hangat memerlukan kemampuan peserta untuk saling mendengarkan ketika oprang lain berpendapat. Menghargai pendapat peserta diskusi yang lain merupakan kunci pokok berlangsungnya suatu diskusi.

Posting Komentar

0 Komentar