Terbaru

6/recent/ticker-posts

SOAL UJI KOMPETENSI GURU PEDAGOGIK

1. SCL adalah salah satu inovasi di bidang pendidikan yang bercirikan:

a. Menekankan transfer pengetahuan dari guru ke siswa,

b. Lebih menekankan pada penguasaan materi,
c. Penekanan pada pencapaian kompetensi,
d. Proses pembelajaran dan penilaian dilakukan secara terpisah,
e. Penekanan pada ketuntasan materi pelajaran.

2. Pemilihan model pembelajaran sangat bergantung pada:

a. Sarana-prasarana,

b. Siswa,
c. Kurikulum,
d. Guru,
e. Semuanya benar.

3. Perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi:

a. Perkembangan model pembelajaran,
b. Cara belajar siswa,
c. Cara mengajar guru,
d. Perkembangan bahan ajar,
e. Semuanya benar.

4. Model pembelajaran yang meminta siswa untuk mengurutkan dan menjelaskan gambar setelah guru menyampaikan materi adalah:

a. Cooperative Script,
b. Metode Jigsaw,
c. Snowball Throwing,
d. Problem Solving,
e. Picture and Picture.

5. Model pembelajaran yang mengedepankan kerjasama sesama guru serta melakukan perencanaan, praktek mengajar, observasi Refleksi/kritikan terhadap pembelajaran adalah:

a. Lesson Study,
b. Cooperative Script,
c. Metode Jigsaw,
d. Snowball Throwing,
e. Inquiry.

7. Model pembelajaran dengan cara membuat pertanyaan yang dituliskan pada kertas lalu diberikan pada ketua kelompok untuk dilempar ke siswa lain untuk dijawab adalah:

a. Lesson Study,
b. Cooperative Script,
c. Metode Jigsaw,
d. Snowball Throwing,
e. Inquiry.

8. Model pembelajaran dimana guru membagi topik tertentu menjadi beberapa subtopik, selanjutnya membagi siswa ke dalam kelompok belajar kooperatif, setiap anggota bertanggungjawab terhadap penguasaan setiap subtopik, adalah:

a. Lesson Study,
b. Cooperative Script,
c. Metode Jigsaw,
d. Snowball Throwing,
e. Inquiry.

9. Model pembelajaran yang mempunyai kelebihan mendorong siswa berpikir secara ilmiah, kreatif, intuitif dan bekerja atas dasar inisiatif sendiri, menumbuhkan sikap objektif, jujur dan terbuka, adalah:

a. Role Playing,
b. Inquiry,
c. Problem Solving,
d. Picture and Picture,
e. Metode Jigsaw.

10. Model pembelajaran yang menggunakan gambar dan dipasangkan / diurutkan menjadi urutan logis, adalah:

a. Role Playing,
b. Inquiry,
c. Problem Solving,
d. Picture and Picture,
e. Metode Jigsaw.

11. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah:

a. Role Playing,
b. Inquiry,
c. Problem Solving,
d. Picture and Picture,
e. Metode Jigsaw.

12. Beragam teknik penilaian dapat dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentangkemajuan belajar siswa, baik yang berhubungan dengan proses belajar maupun hasil belajar. Teknik-teknik penilain tersebut adalah sebagai berikut, kecuali:

a.Penilaian unjuk kerja
b. Penilaian sikap
c. Penilaian observasi langsung
d. Penggunaan tertulis

13. Dalam Soal tes tertulis peserta didik tidak selalu merespon dalam bentuk menulis jawaban tetapi dapat juga dalam bentuk yang lain seperti berikut, kecuali:

a. Memberi tanda
b. Mewarnai
c. Membaca
d. Menggambar

14. Tes tertulis dalam bentuk mensuplai jawaban dapat dibedakan, kecuali menjadi:

a.multiple choice
b. isian
c. jawaban singkat
d. uraian.

15. Tes ini dapat digunakan untuk menilai kemampuanberfikir tinggi !

a. tes sebab-akibat
b. tes benar – salah
c. tes menjodohkan
d. tes pilihan ganda.

16. Tes tertulis bentuk ini merupakan alat penilaian yang menuntut peserta didik untuk mengingat, memahami, dan mengorganisasikan gagasannya atau hal-hal yang telah dipelajarinya.

a. jawaban singkat
b. uraian
c. isian
d. pilihan ganda.

17. Dalam menyusun alat penilaian tertulis perlu dipertimbangkan hal-hal berikut, kecuali .........

a. jumlah item
b. karakteristik mata pelajaran
c. materi
d. konstruksi

18. Tes pilihan ganda memiliki beberapa kekurangan diantaranya tersebut berikut ini, kecuali .........

a.peserta didik tidak mengembangkan sendiri jawabannya
b. menimbulkan kecenderungan anak didik tidak belajar
c. kurang dapat untuk memodifikasi kegiatan pembelajaran
d. banyak digunakan untuk penilaian ketrampilan berbahasa secara
formal.


19. Kelemahan tes tertulis bentuk uraian antara lain .....

a. peserta didik dapat mengekspresikan gagasan atau pendapatnya
b. dapat menilai berbagai jenis kompetensi
c. cakupan materi yang ditanyakan terbatas
d. peserta didik dituntut untuk mengemukakan pendapatnya dengan kata-katanya sendiri.

20. Keberhasilan pembelajaran bergantung pada beberapa hal, kecuali ....

a. efektifitas penilaian kelas
b. cost benefit yang besar
c. perancangan penilaian secara sistemasis
d. perlakuan penilaian yang secara terus-menerus dan berkesinambungan.

Posting Komentar

0 Komentar