Kekuatan Pembelajaran Tematik menurut buku Bimbingan Teknis Pendidikan (Dinas Pendidikan ,2006) sebagai berikut .
1. Memberikan pengalaman dan KBM yang relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak
2. Menyenangkan karena bertolak dari minat dan kebutuhan anak
3. Hasil belajar dapat bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna
4. Mengembangkan ketrampilan berpikir anak sesuai dengan permasalahan yang dihadapi
5. Menumbuhkan ketrampilan sosial dalam bekerjasama
6. Memiliki sikap toleransi, komunikasi dan tanggap terhadap gagasan orang lain
Menyajikan kegiatan yang bersifat pragmatis sesuai dengan permasalahan yang dihadapi
Ciri-ciri Pembelajaran Tematik
Secara rinci pembelajaran tematik dapat dideskripsikan sebagai berikut .
Berpusat pada anak
Memberikan pengalaman langsung
Pemisahan antar mata pelajaran tidak nampak
Menyajikan konsep dari beberapa mata pelajaran dalam satu PBM
Bersifat luwes
Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan minat
1. Memberikan pengalaman dan KBM yang relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak
2. Menyenangkan karena bertolak dari minat dan kebutuhan anak
3. Hasil belajar dapat bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna
4. Mengembangkan ketrampilan berpikir anak sesuai dengan permasalahan yang dihadapi
5. Menumbuhkan ketrampilan sosial dalam bekerjasama
6. Memiliki sikap toleransi, komunikasi dan tanggap terhadap gagasan orang lain
Menyajikan kegiatan yang bersifat pragmatis sesuai dengan permasalahan yang dihadapi
Ciri-ciri Pembelajaran Tematik
Secara rinci pembelajaran tematik dapat dideskripsikan sebagai berikut .
Berpusat pada anak
Memberikan pengalaman langsung
Pemisahan antar mata pelajaran tidak nampak
Menyajikan konsep dari beberapa mata pelajaran dalam satu PBM
Bersifat luwes
Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan minat
0 Komentar