Hakikat Pembelajaran
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “Pembelajaran adalah proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar”.
(Depdiknas, 2002 : 17)
Sementara dalam Kurikulum 2004 dituliskan bahwa “Dengan menggunakan bahasa manusia juga melakukan kegiatan berekspresi dan berkreasi, sehingga terciptalah karya sastra. Karya sastra itu pun digunakan untuk berkomunikasi, sehingga pikiran, perasaan, imajinasi, pandangan hidup yang terkandung dalam sastra dapat dipahami dan dinikmati oleh orang lain.” (KBK, 2004 : hal )
b. Pengertian Teknik
Menurut KBBI “Teknik n 1. pengetahuan dan kepandaian membuat sesuatu yang berkenaan dengan hasil industri (bangunan,mesin); 2. cara (kepandaian, dsb) membuat atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni; 3. metode atau sistem mengerjakan sesuatu.
Sedangkan menurut G.A.K. Wardani “Teknik merupakan bagian dari metode” (Universitas Terbuka, 2005 : hal 46)
c. Teknik SCU dalam pembelajaran Bahasa Indonesi aspek mendengarkan
berita radio atau televisi
Sebenarnya SCU merupakan gabungan dari beberapa teknik, yaitu Simak – Tulis, Identifikasi Kata Kunci, dan Menjawab Pertanyaan.
1. Simak – Tulis
Simak – Tulis biasa disebut dikte.
Dalam teknik ini kegiatan siswa adalah mendengarkan berita dari radio atau televisi sambil menulis atau mencatat hal-hal yang penting.
2. Identifikasi Kata Kunci
Kalimat yang panjang dapat dipendekkan dengan jalan menghilangkan kata-kata yang bukan merupakan inti. Kata-kata yang tidak mungkin dihilangkan inilah yang disebut kata kunci.
Dalam kegiatan ini disamping mendengarkan berita dari radio atau televisi sambil menulis kata-kata kuncinya. Kata kunci yang dimaksud adalah unsur-unsur/pokok-pokok beritanya yang dikenal dengan 5W+1H. Unsur-unsur itu adalah : what = apa, who = siapa, when = kapan, where = di mana, why = mengapa, dan how = bagaimana.
3. Menjawab Pertanyaan
Latihan menjawab pertanyaan berdasarkan bahan, maka akan sangat menunjang pengembangan keterampilan menyimak siswa. Dalam hal ini ada 6 pertanyaan yang perlu diajukan yaitu, a. apa yang dibicarakan, b. siapa saja yang terlibat, c. kapan hal itu terjadi, d. di mana hal itu
terjadi, e. mengapa hal itu sampai terjadi, f. bagaimana kejadian itu.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “Pembelajaran adalah proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar”.
(Depdiknas, 2002 : 17)
Sementara dalam Kurikulum 2004 dituliskan bahwa “Dengan menggunakan bahasa manusia juga melakukan kegiatan berekspresi dan berkreasi, sehingga terciptalah karya sastra. Karya sastra itu pun digunakan untuk berkomunikasi, sehingga pikiran, perasaan, imajinasi, pandangan hidup yang terkandung dalam sastra dapat dipahami dan dinikmati oleh orang lain.” (KBK, 2004 : hal )
b. Pengertian Teknik
Menurut KBBI “Teknik n 1. pengetahuan dan kepandaian membuat sesuatu yang berkenaan dengan hasil industri (bangunan,mesin); 2. cara (kepandaian, dsb) membuat atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni; 3. metode atau sistem mengerjakan sesuatu.
Sedangkan menurut G.A.K. Wardani “Teknik merupakan bagian dari metode” (Universitas Terbuka, 2005 : hal 46)
c. Teknik SCU dalam pembelajaran Bahasa Indonesi aspek mendengarkan
berita radio atau televisi
Sebenarnya SCU merupakan gabungan dari beberapa teknik, yaitu Simak – Tulis, Identifikasi Kata Kunci, dan Menjawab Pertanyaan.
1. Simak – Tulis
Simak – Tulis biasa disebut dikte.
Dalam teknik ini kegiatan siswa adalah mendengarkan berita dari radio atau televisi sambil menulis atau mencatat hal-hal yang penting.
2. Identifikasi Kata Kunci
Kalimat yang panjang dapat dipendekkan dengan jalan menghilangkan kata-kata yang bukan merupakan inti. Kata-kata yang tidak mungkin dihilangkan inilah yang disebut kata kunci.
Dalam kegiatan ini disamping mendengarkan berita dari radio atau televisi sambil menulis kata-kata kuncinya. Kata kunci yang dimaksud adalah unsur-unsur/pokok-pokok beritanya yang dikenal dengan 5W+1H. Unsur-unsur itu adalah : what = apa, who = siapa, when = kapan, where = di mana, why = mengapa, dan how = bagaimana.
3. Menjawab Pertanyaan
Latihan menjawab pertanyaan berdasarkan bahan, maka akan sangat menunjang pengembangan keterampilan menyimak siswa. Dalam hal ini ada 6 pertanyaan yang perlu diajukan yaitu, a. apa yang dibicarakan, b. siapa saja yang terlibat, c. kapan hal itu terjadi, d. di mana hal itu
terjadi, e. mengapa hal itu sampai terjadi, f. bagaimana kejadian itu.
0 Komentar