Terbaru

6/recent/ticker-posts

Jurnal PTK ; UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERBICARA (SPEAKING) MELALUI PENDEKATAN HOLISTIC DENGAN MENGGUNAKAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEBAGAI SUMBER INSPIRASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GASAL

Kegiatan pembelajaran dilaksanakan di kebun sekolah. Guru telah mengumumkan kepada  siswa bahwa pembelajaran berbicara (speaking)  dilakukan di kebun sekolah. Pada awal  pertemuan, siswa diminta mengisi angket tentang  motivasi  belajar selama  7 menit.
Penentuan tempat pembelajaran telah dipertimbangkan di kebun sekolah yang luas dan terletak tidak jauh dari ruang kelas. Berdasarkan data awal pengamatan pra-tindakan, guru menemukan permasalahan yaitu rendahnya motivasi belajar siswa dalam berbicara (speaking).  Keadaan ini kemampuan mereka dalam berbicara sangat rendah
Berdasarkan data-data pengamatan dari siklus pertama, rata-rata motivasi belajar  siswa  mengalami kenaikan, namun guru menemukan beberapa kekurangan. Kekurangan  yang ditemukan adalah masih ada siswa yang kurang serius mengerjakan tugas mereka sendiri. Mereka terkadang menyalin pekerjaan temannya. Ada kemungkinan nilai mereka meragukan. Kekurangan selanjutnya adalah masih ada siswa yang tidak memperhatikan proses pembelajaran. Di antara mereka masih ada yang membuat kegaduhan meskipun dengan berbisik-bisik.  Tentunya, hal ini menjadikan proses belajar di kelas terganggu.
KUSNAN HADI

Posting Komentar

0 Komentar