Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP PENJAS ORKES SD KELAS 4 /I: Mempraktikkan latihan untuk meningkatkan kebugaran dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tingkat Pendidikan  : SD
Kelas/Semester      : IV/Ganjil
Mata Pelajaran        : Penjasorkes

Standar Kompetensi:
2. Mempraktikkan latihan untuk meningkatkan kebugaran dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar:
2.1  Mempraktikkan aktivitas permainan sederhana untuk melatih daya tahan dan kekuatan otot, serta nilai kerja keras, dan disiplin.
2.2  Mempraktikkan aktivitas permainan untuk melatih kelenturan dan koordinasi, serta nilai kerja keras, dan disiplin.

Indikator:
1.    Siswa melakukan berbagai bentuk untuk meningkatkan daya tahan dan kekuatan otot.
2.    Siswa melakukan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kelenturan.

Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran

A.   Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1.     Mempraktikkan latihan untuk meningkatkan daya tahan dan kekuatan otot.
2.     Mempraktikkan latihan untuk melatih kelenturan.

B.   Materi Pembelajaran
1.     Latihan untuk melatih daya tahan dan kekuatan otot seperti jogging, loncat-loncat, lari maju-mundur, dan sebagainya.
2.     Latihan untuk melatih kelenturan yang meliputi kelenturan statis dan dinamis.

C.   Metode Pembelajaran
1.   Ceramah bervariasi
2.   Diskusi
3.   Inkuiri
4.   Tanya jawab
5.   Simulasi
6.   Observasi/pengamatan
      (Menyesuaikan situasi KBM)


D.   Langkah-Langkah Kegiatan
1.    Latihan Daya tahan dan Kekuatan Otot
a.     Kegiatan Pendahuluan
1)     Guru memberikan pre-test berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2)     Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dipelajari dan dipraktikkan.
b.     Kegiatan Inti
                         1)    Siswa melakukan gerakan jogging.
                         2)    Siswa melakukan gerakan loncat-loncat di tempat.
                         3)    Siswa melakukan gerakan loncat katak.
                         4)    Siswa melakukan gerakan lari maju mundur.
c.     Kegiatan Penutup
                         1)    Guru memberikan dan mengulang materi yang belum dipahami siswa.
                         2)    Guru bersama siswa membuat rangkuman/kesimpulan hasil belajar dan praktik.
                         3)    Guru memberikan post-tes untuk mengetahui daya serap materi yang telah dipelajari. 
2.    Latihan Kekuatan Otot
a.     Kegiatan Pendahuluan
                         1)    Guru memberikan pre-test berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
                         2)    Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dipelajari dan dipraktikkan.
b.     Kegiatan Inti
                         1)    Siswa melakukan gerakan saling mendorong dengan punggung.
                         2)    Siswa melakukan gerakan saling mendorong dengan tangan.
                         3)    Siswa melakukan gerakan saling menarik dengan satu tangan.
                         4)    Siswa melakukan gerakan push-up.
                         5)    Siswa melakukan gerakan pull-up.
c.     Kegiatan Penutup
                         1)    Guru memberikan dan mengulang materi yang belum dipahami siswa.
                         2)    Guru bersama siswa membuat rangkuman/kesimpulan hasil belajar dan praktik.
                         3)    Guru memberikan post-test untuk mengetahui daya serap materi yang telah dipelajari. 
3.    Latihan Kelenturan
a.     Kegiatan Pendahuluan
                         1)    Guru memberikan pre-test berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
                         2)    Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dipelajari dan dipraktiikan.
b.     Kegiatan Inti
                         1)    Siswa melakukan latihan kelenturan statis.
                         2)    Siswa melakukan latihan kelenturan dinamis.
c.     Kegiatan Penutup
                         1)    Guru memberikan dan mengulang materi yang belum dipahami siswa.
                         2)    Guru bersama siswa membuat rangkuman/kesimpulan hasil belajar dan praktik.
                         3)    Guru memberikan post-test untuk mengetahui daya serap materi yang telah dipelajari. 



E.   Sumber Belajar
1.   Buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SD Kelas IV.
2.   Referensi lain yang relevan.

F.   Penilaian Hasil Belajar
Uji Tertulis
Bentuk instrumen: Pilihan ganda, isian, menjodohkan, dan uraian.
Contoh soal:                
Bagaimana melakukan gerakan saling menarik dengan satu tangan.
Uji Praktik
Contoh soal:            
Bagaimana bentuk latihan daya tahan, kekuatan, dan kelenturan?



         Mengetahui,
       Kepala Sekolah






__________________
NIP
………., ………………...……
                                    Guru Mata Pelajaran






                            _______________________
                            NIP

Posting Komentar

0 Komentar