Terbaru

6/recent/ticker-posts

PTK, Apakah manfaat bagi guru?




DEFINISI PTK:
PTK adalah suatu kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional dari tindakan-tindakan yang dilakukannya itu, serta untuk memperbaiki kondisi dimana praktek pembelajaran tersebut dilakukan.( Joni& Tisno: 1998)
PTK adalah suatu proses dimana melalui ini dosen dan mahasisiwa menginginkan terjadinya perbaikan, peningkatan dan perubahan pembelajaran yang lebih baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.( Soedarsono: 2001)
PTK adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas.
Dengan kata lain: PTK adalah penelitian tindakan yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas:
Ada 2 jenis PTK yaitu PTK individu dan kolaborasi
KaraKteristiK PtK :
1. On the job problem oriented Artinya bahwa PTK dilaksanakan oleh pekerja sesuai dengan bidang yang ditekuninya, misalnya seorang guru geografi yang hendaknya mengadakan PTK dengan tema pembelajaran Geografi.
2. Problem Solving oriented Mengandung makna bahwa PTK dilakukan untuk memecahkan masalah yang ada dalam Proses Belajar Mengaja (PBM) oleh guru.
3. Improvement oriented Bahwa PTK dilaksanakan untuk memperbaiki proses pembelajaran
4. Multidata oriented PTK harus dilakukan dengan praktik dalam PBM.
5. Specific Contextual PTK dilaksanakan benar-benar masalah yang dialami guru dalam PBM.
6. SikluS Pelaksanaan dilaksanakan berulang ulang dan Continue. Meliputi: (1) perencanaan atau planning, (2) pelaksanaan tindakan
atau acting, dan (3) pengamatan dan refleksi atau observasingreflekting.
7. Kolaboratif Dapat dilaksanakan bersama orang atau guru lain namun masih dalam 1 rumpun ilmu
8. Metodologi bersifat longgar. Maksudnya bahwa PTK tidak harus mengginakan pengolahan data statistik yang rumit, cukup dengan analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan juga tidak harus diuji reabilitas, normalitas, atau validitas. Namun instrumen dapat diuji dengan uji triangulasi atau crosscheck atau perbandingan dengan cara atau instrumen lain.
Manfaat PtK :
1. Guru menjadi dan peka terhadap masalah
2. Terjalinnya kerjasama untuk meningkatkan mutu KBM
3. Perhatian terhadap siswa terus menerus
4. Mutu diri dan kinerja
5. Capai tujuan KBM
PrinsiP PTK (HoPKins, 1993) :
1. Tidak menggangu komitmen dan tugas utama guru yaitu
menyelenggarakan pembelajaran yang berkualitas
2. Melaksanakan PTK pada dasarnya merekam dan melaporkan
proses dan hasil pembelajaran secara sisematik dan terkendali
menurut kaidah ilmiah
3. Kegiatan penelitian yang dilakukan merupakan bagian integral
dari pembelajaran dan harus tetap bersandar pada alur dan
kaidah ilmiah
4. Masalah yang dipecahkan adalah masalah pembelajaran riil
dan merisaukan 5. Konsistensi sikap dan kepedulian dalam
memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran sangat
diperlukan
6. Cakupan masalah tidak hanya dibatasi pada masalah
pembelajaran di ruang kelas
Bidang kajian PTk :
1. Pembelajaran di kelas : cara belajar dan proses
2. Desain dan strategi PBM : pengelolaan prosedur dan metode
3. AlAt bantu,media dan sumber belajar
4. SiStem evalusai PBM
5. ImplementasI kurikulum
Prosedur Siklus PTK Model Kemmis:

1. Permasalahan
2. AlternAtif pemecahan masalah
3. Pelaksanaan tindakan 1
4. Observasi 1
5. AnAlisis data 1
6. refleksi 1
7. Terselesaikan ? (siklus 1)
8. Tidak? AlternAtif pemecahan (rencana tindakan 2)
9. Pelaksanaan tindakan 2
10. Observasi 2
11. AnAlisis data 2
12. Refleksi 2
13. Terselesaikan ? SikluS 2
14. Tidak ? rencana tindakan selanjutnya
MeneMukan Masalah PTk :
1. Merenung
2. Berfikir tentang apa yang mungkin dapat diperbaiki
3. Pikirkan tentang beberapa kelompok masalah pembelajaran
4. Pilih masalah yang layak
5. Pilih masalah yang tidak terlalu luas dan sempit
6. Pilih masalah yang strategis
7. Pilih masalah yang anda senangi
8. Pilih masalah yang anda kuasai
Langkah PTk :
1. IdentIfIkasI dan analisis masalah
2. MeruMuskan masalah
3. MeruMuska tindakan
4. Melaksanakan tindakan
5. Melakukan refleksi (analisis,memarik kesimpulan dll)
SiStematika Laporan ptk :
1. Latar Belakang Masalah
2. Perumusan Masalah
3. Tujuan Penelitian
4. Manfaat Penelitian
Latar BeLakang MasaLah PTK :
1. Menulis kenyataan yang ada
2. Menulis harapan yang akan di tuju
3. AdAnyA masalah Meliputi Identifikasi Maslah dan Pembatasan masalah.
4. AdAnyA solusi
Perumusan masalah PTK :
Dikembangkan dari identifikasi dan pembatasan masalah

Posting Komentar

0 Komentar