Tingkat Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/Semester : III / Ganjil
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar Kompetensi:
4. Melaksanakan salat dengan tertib.
Kompetensi Dasar:
4.1 Menghafal bacaan salat.
4.2 Menampilkan keserasian gerakan dan bacaan salat.
Indikator:
1. Menghafal bacaan salat.
2. Menunjukkan gerakan salat dengan bacaannya.
Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran (diisikan oleh guru).
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Menghafal bacaan salat.
2. Menampilkan keserasian gerakan dan bacaan salat.
B. Materi Pembelajaran
1. Menghafal Bacaan Salat
2. Keserasian Bacaan dan Gerakan Salat
C. Metode Pembelajaran
1. ceramah bervariasi
2. diskusi
3. inquiri
4. tanya jawab
5. simulas
6. observasi/pengamatan
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberi pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2. Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II. Kegiatan Inti
1. Guru memberi contoh bacaan salat.
2. Siswa menirukan bacaan salat sesuai contoh dari guru.
3. Siswa menghafal bacaan salat.
4. Guru memberi contoh dan menunjukkan gerakan salat dengan bacaannya.
5. Siswa mempraktikkan gerakan dan bacaan salat.
6. Siswa membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikannya.
7. Guru menanggapi jawaban siswa dan memberi informasi yang benar.
III. Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2. Guru memberi post-test untuk mengetahui daya serap materi.
3. Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.
E. Sumber Belajar
1. Buku PAI SD kelas III.
2. Al Quran dan Terjemahnya.
3. Referensi lain yang relevan.
F. Penilaian Hasil Belajar
Uji Tertulis
Bagaimana bunyi bacaan takbiratul ihram?
Uji Praktik
Praktikkan keserasian antara gerakan dan bacaan dalam salat zuhur satu persatu did epan kelas! Mintalah kepada gurumu untuk memberikan penilaian!
0 Komentar