Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP IPS SD KELAS 3/I: Memahami lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah 2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tingkat Pendidikan  : SD
Kelas/Semester      : III/1
Mata Pelajaran        : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Standar Kompetensi :
1.  Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama di sekitar rumah dan sekolah.

Kompetensi Dasar :
1.2 Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.

Indikator :
1.  Menguraikan pentingnya memelihara lingkungan.
2.  Menjelaskan cara memelihara lingkungan alam.
3.  Mendeskripsikan cara menjaga kebersihan lingkungan.

Alokasi Waktu : ... x 1 jam pelajaran

A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1.  Menguraikan pentingnya memelihara lingkungan.
2.  Menjelaskan cara memelihara lingkungan alam.
3.  Mendeskripsikan cara menjaga kebersihan lingkungan.

B.  Materi Pembelajaran
1.  Memelihara lingkungan alam.
  2.  Menjaga kebersihan lingkungan.
C.  Metode Pembelajaran
1.  Ceramah bervariasi
2.  Diskusi
3.  Inquiri (pemeriksaan dengan sistem interview)
4.  Tanya jawab
5.  Simulasi
6.  Observasi
     (Menyesuaikan dengan situasi KBM)

D.  Langkah-Langkah Kegiatan
1.  Memelihara Lingkungan Alam
I.   Kegiatan Pendahuluan
1.  Guru memberi pre-test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2.  Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II.  Kegiatan Inti
1.  Menggali informasi melalui kajian pustaka tentang lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
2.  Guru menjelaskan cara-cara memelihara dan menjaga lingkungan di sekitar rumah dan sekolah.
3.  Guru dan siswa tanya jawab tentang lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah serta cara-cara memelihara lingkungan tersebut.
4.  Guru memberikan ringkasan materi.
5.  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang sudah dipelajari.
6.  Guru memberikan tes lisan kepada siswa.

III. Kegiatan Penutup
1.  Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2.  Guru memberi pre-test untuk mengetahui daya serap materi.
3.  Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.

2.  Menjaga Kebersihan Lingkungan
I.   Kegiatan Pendahuluan
1.  Guru memberi pre-test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2.  Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II.  Kegiatan Inti
1.  Menggali informasi tentang kebersihan lingkungan.
2.  Guru dan siswa Tanya jawab cara menjaga kebersihan lingkungan.
3.  Guru memberikan ringkasan materi.
4.  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang sudah dipelajari.
5.  Guru memberikan tes lisan kepada siswa.
III. Kegiatan Penutup
1.  Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2.  Guru memberi pre-test untuk mengetahui daya serap materi.
3.  Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.

E.  Sumber Belajar
1.  Buku IPS SD Kelas III
2.  LKS Fokus
3.  Referensi lain yang relevan

F.  Penilaian Hasil Belajar
I.   Penguasaan Konsep
Bentuk instrumen             : Pilihan ganda, isian, jawab singkat, uraian.
Contoh lain          : Sebutkan dua akibat dari penggundulan hutan?


II.  Penerapan
Bentuk instrumen             : Portofolio
Contoh soal         :
Tugas                  : Sebutkan beberapa cara dan tujuan dari pemeliharaan lingkungan.
Petunjuk              :      1.   Amati lingkungan yang terawat di sekelilingmu!
                   2.  Catatlah apa saja lingkungan itu dan apa manfaatnya!
                   3.  Tulislah pada lembar kerja di bawah ini!



Mengetahui,
Kepala Sekolah,


___________________
NIP
………………, ……..
         Guru Kelas


___________________
NIP

Posting Komentar

0 Komentar