Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP IPS SD KELAS 3/I: Memahami lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tingkat Pendidikan  : SD
Kelas/Semester      : III/1
Mata Pelajaran        : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Standar Kompetensi :
1.  Memahami lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.

Kompetensi Dasar :
1.1 Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.

Indikator :
1.  Menguraikan pengertian lingkungan alam dan lingkungan buatan.
2.  Memberi contoh lingkungan alam dan lingkungan buatan.
3.  Mendeskripsikan lingkungan alam dan lingkungan buatan di rumah.
4.  Mendeskripsikan lingkungan alam dan lingkungan buatan di sekitar sekolah.

Alokasi Waktu : ... x 1 jam pelajaran
A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1.  Menguraikan pengertian lingkungan alam lingkungan buatan.
2.  Memberikan contoh lingkungan alam lingkungan buatan.
3.  Mendeskripsikan lingkungan alam di sekitar rumah.
4.  Mendeskripsikan lingkungan alam dan lingkungan buatan di sekitar sekolah.
B.  Materi Pembelajaran
§  Mengenal lingkungan alam dan buatan.
§  Lngkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§  Ligkungan alam dan buatan di sekitar sekolah.
C.  Metode Pembelajaran
1.  Ceramah bervariasi
2.  Diskusi
3.  Inquiri (pemeriksaan dengan sistem interview)
4.  Tanya jawab
5.  Simulasi
6.  Observasi
(Menyesuaikan dengan situasi KBM)
D.  Langkah-Langkah Kegiatan
1.  Mengenal Lingkungan Alam dan Buatan
I.   Kegiatan Pendahuluan
1.  Guru memberi pre-test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2.  Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II.  Kegiatan Inti
1.  Menggali informasi melalui kajian pustaka mengenai pengertian lingkungan alam dan lingkungan buatan.
2.  Guru dan siswa tanya jawab tentang pengertian lingkungan alam dan lingkungan buatan.
3.  Guru menjelaskan macam-macam lingkungan alam dan memberikan contohnya kepada siswa.
4.  Guru memberikan ringkasan materi.
5.  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang sudah dipelajari.
6.  Guru memberikan tes lisan kepada siswa.
III. Kegiatan Penutup
1.  Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2.  Guru memberi pre-test untuk mengetahui daya serap materi.
3.  Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.

2.  Lingkungan Alam dan Buatan di Sekitar Rumah
I.   Kegiatan Pendahuluan
1.  Guru memberi pre-test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2.  Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II.  Kegiatan Inti
1.  Menggali informasi melalui kajian pustaka mengenai lingkungan alam dan lingkungan buatan di sekitar rumah.
2.  Guru dan siswa tanya jawab tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan sekitar rumah.
3.  Guru memberikan ringkasan materi.
4.  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang sudah dipelajari.
5.  Guru memberikan tes lisan kepada siswa.
III. Kegiatan Penutup
1.  Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2.  Guru memberi pre-test untuk mengetahui daya serap materi.
3.  Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.

3.  Lingkungan Alam dan Buatan di Sekitar Sekolah
I.   Kegiatan Pendahuluan
1.  Guru memberi pre-test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2.  Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II.  Kegiatan Inti
1.  Menggali informasi melalui kajian pustaka mengenai lingkungan alam dan buatan.
2.  Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok diskusi.
3.  Secara kelompok, siswa mendiskusikan tentang lingkungan alam dan buatan di sekitar sekolah.
4.  Siswa membuat kesimpulan sementara.
5.  Guru menanggapi jawaban siswa dan memberi informasi yang benar.
III. Kegiatan Penutup
1.  Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2.  Guru memberi pre-test untuk mengetahui daya serap materi.
3.  Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.

E.  Sumber Belajar
1.  Buku IPS SD Kelas III
2.  LKS Fokus
3.  Referensi lain yang relevan

F.  Penilaian Hasil Belajar
I.   Penguasaan Konsep
Bentuk instrumen : Pilihan ganda, acak kata, jawab singkat, dan uraian.
Contoh soal         : Bagaimana hawa di daerah gunung?
II.  Penerapan
Bentuk instrumen :  Penilaian proyek
Contoh soal         :  Berdasarkan gambar di atas, jelaskan penyebab, usaha pencegahan, dan berikan penyelesaian dari akibat banjir!
                              Tuliskan hasilnya di selembar kertas dan serahkan pada gurumu!


Mengetahui,
Kepala Sekolah,


___________________
NIP
……………., …….
       Guru Kelas,


___________________
NIP

Posting Komentar

0 Komentar