Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP IPA SD KELAS 5 / 1: 3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengna lingkungan.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tingkat Pendidikan      :   SD
Kelas/semester            :   V/1
Mata Pelajaran              :   IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Tahun Pelajaran            :   2008/2009

Standar Kompetensi:
3.   Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengna lingkungan.

Kompetensi Dasar:
3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup.
3.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup.

Alokasi Waktu:  .... x 1 jam pelajaran

A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1.   Menyimpulkan bahwa hewan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya dalam usaha mempertahankan hidup.
2.   Mengetahui ciri-ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya (racun, duri, atau daun tajam).
3.   Menjelaskan hubungan antara ciri khas tumbuhan dengan tempat hidupnya.

B.    Materi Pembelajaran
     Penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu.
     Penyesuaian diri tumbuhan untuk mempertahankan hidupnya.

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan praktik.

D.    Langkah-Langkah Kegiatan
I.    Kegiatan Pendahuluan
1.   Guru memotivasi siswa untuk memahami dan mengetahui penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya.
2.   Siswa telah membaca materi tentang penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya.

II.   Kegiatan Inti
1.   Guru menguraikan materi tentang penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya.
2.   Siswa memahami materi yang telah disampaikan guru, kemudian mencatatnya.
3.   Guru membimbing siswa melakukan eksperimen.
4.   Siswa melakukan eksperimen.

III.  Kegiatan Penutup
1.   Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal evaluasi.
2.   Referensi lain yang relevan.


E.   Sumber Belajar
1.   Buku materi IPA kelas V SD dan alat-alat praktikum
2.   Referensi lain yang relevan

F.     Penilaian Hasil Belajar
I.    Pemahaman dan Penerapan Konsep
Bentuk instrumen: Pilihan Ganda, Isian, dan Uraian.
Contoh soal Uraian:
Mengapa makhluk hidup perlu beradaptasi terhadap lingkungannya?

II.   Kinerja Ilmiah
Bentuk instrumen: Portofolio
      Siswa dapat mengamati dan mengetahui cara hewan beradaptasi terhadap lingkungannya.




Mengetahui,                                                                                                         ............, …………………….
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Kelas



____________________                                                                                 ____________________
NIP                                                                                                                         NIP

Posting Komentar

0 Komentar