Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP IPA SD KELAS 5 / 1: 4. Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunannya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tingkat Pendidikan      :   SD
Kelas/semester            :   V/1
Mata Pelajaran              :   IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Tahun Pelajaran            :   2008/2009

Standar Kompetensi:
4.   Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunannya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses.

Kompetensi Dasar:
4.1 Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunannya, misalnya benang, kain, dan kertas.

Alokasi Waktu:  .... x 1 jam pelajaran

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1.   Mendeskripsikan sifat-sifat bahan dikaitkan dengan struktur penyusunnya.
2.   Mencari hubungan antara jenis bahan dengan kekuatannya.

B.    Materi Pembelajaran
     Sifat-sifat benda

C.    Metode Pembelajaran
        Ceramah, diskusi, dan praktik

D.  Langkah-Langkah Kegiatan
I.    Kegiatan Pendahuluan
1.   Guru menguraikan materi tentang benda dan sifatnya.
2.   Siswa telah membaca materi tentang benda dan sifatnya.

II.   Kegiatan Inti
1.   Guru menguraikan materi tentang benda dan sifatnya.
2.   Siswa memahami materi yang telah disampaikan guru, kemudian mencatatnya.
3.   Guru membimbing siswa melakukan eksperimen.
4.   Siswa melakukan eksperimen.

III.  Kegiatan Penutup
1.   Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal evaluasi.
2.   Referensi lain yang relevan.

E.   Sumber Belajar
1.   Buku materi IPA kelas V SD dan alat-alat praktikum
2.   Referensi lain yang relevan


F.     Penilaian Hasil Belajar
I.    Pemahaman dan Penerapan Konsep
Bentuk instrumen: Pilihan Ganda, Isian, dan Uraian.
Contoh soal Pilihan Ganda:
Kain wol dibuat dari anyaman benang wol. Wol dibuat dari bulu ....
a.   angsa              
b.   sapi                  
c.   kelinci
d.   domba

II.   Kinerja Ilmiah
Bentuk instrumen: Portofolio
      Siswa mengamati lingkungan sekitarnya dengan mengisi kolom-kolom pada tabel yang tersedia tentang jenis bahan dan kegunaannya.



Mengetahui,                                                                                                         ............, …………………….
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Kelas



____________________                                                                                 ____________________
NIP                                                                                                                         NIP

Posting Komentar

0 Komentar