RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tingkat Pendidikan : SD
Kelas/semester : V/1
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Tahun Pelajaran : 2008/2009
Standar Kompetensi:
4. Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunannya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses.
Kompetensi Dasar:
4.1 Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunannya, misalnya benang, kain, dan kertas.
Alokasi Waktu: .... x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Mendeskripsikan sifat-sifat bahan dikaitkan dengan struktur penyusunnya.
2. Mencari hubungan antara jenis bahan dengan kekuatannya.
B. Materi Pembelajaran
• Sifat-sifat benda
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan praktik
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru menguraikan materi tentang benda dan sifatnya.
2. Siswa telah membaca materi tentang benda dan sifatnya.
II. Kegiatan Inti
1. Guru menguraikan materi tentang benda dan sifatnya.
2. Siswa memahami materi yang telah disampaikan guru, kemudian mencatatnya.
3. Guru membimbing siswa melakukan eksperimen.
4. Siswa melakukan eksperimen.
III. Kegiatan Penutup
1. Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal evaluasi.
2. Referensi lain yang relevan.
E. Sumber Belajar
1. Buku materi IPA kelas V SD dan alat-alat praktikum
2. Referensi lain yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
I. Pemahaman dan Penerapan Konsep
Bentuk instrumen: Pilihan Ganda, Isian, dan Uraian.
Contoh soal Pilihan Ganda:
Kain wol dibuat dari anyaman benang wol. Wol dibuat dari bulu ....
a. angsa
b. sapi
c. kelinci
d. domba
II. Kinerja Ilmiah
Bentuk instrumen: Portofolio
Siswa mengamati lingkungan sekitarnya dengan mengisi kolom-kolom pada tabel yang tersedia tentang jenis bahan dan kegunaannya.
Mengetahui, ............, …………………….
Kepala Sekolah Guru Kelas
____________________ ____________________
NIP NIP
0 Komentar