RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tingkat Pendidikan : SD
Kelas/semester : V/1
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Tahun Pelajaran : 2008/2009
Standar Kompetensi:
2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan.
Kompetensi Dasar:
2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan.
2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan.
Alokasi Waktu: .... x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Mengetahui proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau.
2. Mengetahui tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.
3. Menjelaskan bahwa manusia dan hewan tergantung pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanannya.
4. Mengetahui bagian-bagian dari tumbuhan yang dimanfaatkan oleh manusia dan hewan.
B. Materi Pembelajaran
• Tumbuhan hijau membuat makanan sendiri.
• Ketergantungan manusia dari tumbuhan yang dimanfaatkan oleh manusia dan hewan.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan praktik.
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memotivasi siswa untuk memahami dan mengetahui cara tumbuhan hijau membuat makanan.
2. Siswa telah membaca materi tentang cara tumbuhan hijau membuat makanan.
II. Kegiatan Inti
1. Guru menguraikan materi tentang cara tumbuhan hijau membuat makanan.
2. Siswa memahami materi yang telah disampaikan guru, kemudian mencatatnya.
3. Guru membimbing siswa melakukan eksperimen.
4. Siswa melakukan eksperimen.
III. Kegiatan Penutup
1. Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal evaluasi.
2. Referensi lain yang relevan.
E. Sumber Belajar
1. Buku materi IPA kelas V SD dan alat-alat praktikum
2. Referensi lain yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
I. Pemahaman dan Penerapan Konsep
Bentuk instrumen: Pilihan Ganda, Isian, dan Uraian.
Contoh soal Pilihan Ganda:
Energi yang dibutuhkan dalam proses fotosintesis adalah ....
a. cahaya
b. oksigen
c. udara panas
d. klorofil
II. Kinerja Ilmiah
Bentuk instrumen: Tes praktik
Siswa melakukan tes praktik untuk dapat mengamati pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan tanaman.
Mengetahui, ............, …………………….
Kepala Sekolah Guru Kelas
____________________ ____________________
NIP NIP
0 Komentar