RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tingkat Pendidikan : SD
Kelas/semester : V/1
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Tahun Pelajaran : 2008/2009
Standar Kompetensi:
4. Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunannya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses.
Kompetensi Dasar:
4.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap.
Alokasi Waktu: .... x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Mendeskripsikan perubahan sifat pada benda dan faktor yang memengaruhinya.
2. Membandingkan sifat-sifat benda yang dapat dan yang tidak dapat kembali ke wujud semula.
B. Materi Pembelajaran
• Perubahan sifat benda
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan praktik
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memotivasi siswa untuk memahami dan mengetahui tentang perubahan benda.
2. Siswa telah membaca materi tentang perubahan benda.
II. Kegiatan Inti
1. Guru menguraikan materi tentang perubahan benda.
2. Siswa memahami materi yang telah disampaikan guru, kemudian mencatatnya.
3. Guru membimbing siswa melakukan eksperimen.
4. Siswa melakukan eksperimen.
III. Kegiatan Penutup
1. Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal evaluasi.
2. Referensi lain yang relevan.
E. Sumber Belajar
1. Buku materi IPA kelas V SD dan alat-alat praktikum
2. Referensi lain yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
I. Pemahaman dan Penerapan Konsep
Bentuk instrumen: Pilihan Ganda, Isian, dan Uraian.
Contoh soal Uraian:
Mengapa pagar rumah yang terbuat dari besi perlu dicat?
II. Kinerja Ilmiah
Bentuk instrumen: Portofolio
Siswa melakukan pengamatan perubahan dari beberapa benda setelah mendapat pengaruh panas, dingin, pembakaran, pembusukan, dan perkaratan.
Mengetahui, ............, …………………….
Kepala Sekolah Guru Kelas
____________________ ____________________
NIP NIP
0 Komentar