RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tingkat Pendidikan : SD
Kelas/semester : VI/1
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Tahun Pelajaran :
Standar Kompetensi:
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.
Kompetensi Dasar:
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya.
1.2 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya.
Alokasi Waktu: .... x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Mengetahui ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan untuk beradaptasi.
2. Menjelaskan fungsi ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dalam kelangsungan hidupnya.
3. Mengetahui ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan untuk beradaptasi.
B. Materi Pembelajaran
• Ciri khusus beberapa jenis hewan
• Ciri khusus beberapa jenis tumbuhan
C. Metode Pembelajaran
Praktik, observasi, diskusi
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
2. Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan saksama.
II. Kegiatan Inti
1. Guru memberikan penjelasan mengenai ciri-ciri khusus makhluk hidup.
2. Siswa bersama kelompoknya membuat kliping mengenai ciri khusus hewan yang belum ada dalam materi.
3. Siswa membuat kliping mengenai ciri khusus tumbuhan yang belum ada dalam materi.
4. Siswa melakukan observasi terhadap beberapa tumbuhan di sekitarnya untuk mengetahui ciri yang dimiliki.
III. Kegiatan Penutup
1. Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal evaluasi.
2. Tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaan.
E. Sumber Belajar
1. Buku materi IPA kelas VI SD
2. Referensi lain yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
I. Pemahaman dan Penerapan Konsep
Bentuk instrumen: Pilihan Ganda, Isian, dan Uraian.
Contoh soal Pilihan Ganda:
1. Batang berongga dimiliki oleh ....
a. teratai
b. mentimun
c. kaktus
d. bakau
II. Kinerja Ilmiah
Bentuk instrumen: Portofolio
(Siswa mencari informasi mengenai ulat sutera, kemudian dibuat artikel).
Mengetahui, ............, …………………….
Kepala Sekolah Guru Kelas
____________________ ____________________
NIP NIP
0 Komentar