RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tingkat Pendidikan : SD
Kelas/semester : VI/1
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Tahun Pelajaran :
Standar Kompetensi:
2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup.
Kompetensi Dasar:
2.1 Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai usia lanjut.
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan.
2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
2.4 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia.
Alokasi Waktu: .... x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Mengetahui perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai usia lanjut.
2. Menjelaskan ciri-ciri pertumbuhan anak laki-laki dan perempuan.
3. Menjelaskan ciri-ciri perkembangan anak laki-laki dan perempuan.
4. Mempraktikkan cara mengembangbiakkan tumbuhan.
5. Mendeskripsikan cara perkembangbiakan hewan dan manusia.
B. Materi Pembelajaran
• Pertumbuhan manusia
• Perubahan-perubahan fisik tubuh manusia pada masa pubertas
• Perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
• Perkembangbiakan manusia
C. Metode Pembelajaran
Wawancara, praktik, observasi
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
2. Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan saksama.
II. Kegiatan Inti
1. Guru memberikan penjelasan materi tentang perkembangbiakan makhluk hidup.
2. Siswa melakukan wawancara dan observasi terhadap anak kelas 4 SD mengenai mainan dan hewan yang disukainya.
3. Siswa mencari informasi mengenai makanan yang baik untuk menjaga kesehatan.
4. Siswa mencari informasi mengenai hal-hal yang memengaruhi perubahan fisik pada laki-laki maupun perempuan.
5. Siswa mempraktikkan cara perkembangbiakan tumbuhan dengan setek.
6. Siswa melakukan observasi terhadap tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh angin dan serangga.
7. Siswa mencari informasi mengenai masa mengandung hewan.
III. Kegiatan Penutup
1. Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal evaluasi.
2. Tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaan.
E. Sumber Belajar
1. Buku materi IPA kelas VI SD
2. Referensi lain yang relevan
3. Alat-alat praktik
F. Penilaian Hasil Belajar
I. Pemahaman dan Penerapan Konsep
Bentuk instrumen: Pilihan Ganda, Isian, dan Uraian.
Contoh soal Isian:
1. Siswa mulai belajar berdiri pada usia ....
II. Kinerja Ilmiah
Bentuk instrumen: Tes Praktik
(Siswa melakukan praktik untuk mengetahui tahap-tahap perkecambahan biji).
Mengetahui, ............, …………………….
Kepala Sekolah Guru Kelas
____________________ ____________________
NIP NIP
0 Komentar