RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
| Tingkat Pendidikan : Sekolah Dasar Kelas/Semester : IV/Ganjil Mata Pelajaran : Basa Jawa |
Standar Kompetensi:
1. Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa (ngoko, krama, dialek).
2. Mampu memahami cerita, puisi, dan drama serta dapat memberikan kesan dan dapat mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan.
3. Mampu membaca dan memahami berbagai ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca bersuara, membaca cepat, membaca indah, dan membaca huruf Jawa.
4. Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa.
5. Mampu mengapresiasi susastra Jawa.
Kompetensi Dasar:
1.2 Mendengarkan pembacaan teks karangan siswa.
2.1 Mengungkapkan kesan yang paling menarik dari cerita drama, geguritan.
3.2 Membaca pemahaman.
4.2 Menulis deskripsi keindahan alam dan sebagainya.
5.1 Mengapresiasi susastra Jawa (misal: cerita wayang, naskah drama, geguritan, tembang, dan sebagainya).
Indikator:
· Siswa mampu menyimak dan memahami isi cerita pengalaman.
· Siswa mampu memberi tanggapan skenario sandiwara.
· Siswa mampu membaca dan memahami isi suatu bacaan.
· Siswa mampu menulis paragraf deskripsi.
· Siswa mampu mengapresiasi tembang Maskumambang.
Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1. Menjawab pertanyaan dari cerita pengalaman yang didengarkan.
2. memberikan tanggapan terhadap sebuah drama.
3. Membaca teks bacaan dengan pemahaman.
4. Mendeskripsikan sesuatu secara rinci.
5. Menceritakan isi tembang macapat.
B. Materi Pembelajaran
· Nyemak
· Micara
· Maca
· Nulis
· Apresiasi Sastra
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inkuiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan situasi KBM)
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang cara mendengarkan pembacaan teks karangan siswa, mengungkapkan kesan yang paling menarik dari geguritan, membaca pemahaman, menulis deskripsi, mengapresiasi tembang macapat.
2. Siswa mengamati dan merespon penjelasan guru.
3. Siswa secara berkelompok mendiskusikan penjelasan guru.
4. Siswa membuat kesimpulan sementara dan masing-masing anggota kelompok mengomunikasikannya.
5. Guru menanggapi jawaban siswa dan memberi informasi yang benar.
III. Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2. Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi.
3. Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.
E. Sumber Belajar
1. Buku Basa Jawa Kelas IV.
2. Referensi lain yang relevan.
F. Penilaian Hasil Belajar
A. Uji Tertulis
Bentuk instrumen : Pilihan ganda, isian, dan uraian.
Contoh soal : Tunggal bapak lan ibu iku arane sedulur ….
B. Uji Praktik/Portofolio
Contoh soal : Tembangna tembang Maskumambang kanthi bebarengan ing ngarep kelas!
| Mengetahui, Kepala Sekolah __________________ NIP | ………., …………………………… Guru Kelas __________________________ NIP |
0 Komentar