RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
| Tingkat Pendidikan : Sekolah Dasar Kelas/Semester : IV/Ganjil Mata Pelajaran : Basa Jawa |
Standar Kompetensi:
1. Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa (ngoko, krama, dialek).
2. Mampu memahami cerita, puisi, dan drama serta dapat memberikan kesan dan dapat mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan.
3. Mampu membaca dan memahami berbagai ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca bersuara, membaca cepat, membaca indah, dan membaca huruf Jawa.
4. Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa.
5. Mampu mengapresiasi susastra Jawa.
Kompetensi Dasar:
1.3 Mendengarkan cerita tentang lingkungan budaya.
2.2 Mengajukan dan menjawab pertanyaan.
3.3 Membaca cepat.
4.1 Menulis dialog atau percakapan.
5.2 Mengapresiasi cerita rakyat atau dongeng.
Indikator:
· Siswa mampu mendengarkan dan memahami cerita tentang lingkungan budaya.
· Siswa mampu mengajukan dan menjawab pertanyaan.
· Siswa mampu membaca tulisan Jawa dengan cepat.
· Siswa mampu menulis dialog dengan baik.
· Siswa mampu mengapresiasi dongeng.
Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1. Menuliskan sebuah tanggapan terhadap suatu permasalahan.
2. Menjawab dan membuat pertanyaan.
3. Menstransliterasi huruf Jawa ke huruf Latin.
4. Menulis dialog.
5. Meringkas cerita rakyat.
B. Materi Pembelajaran
· Nyemak
· Micara
· Maca
· Nulis
· Apresiasi Sastra
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inkuiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan situasi KBM)
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang cara mendengarkan cerita lingkungan budaya, mengajukan dan menjawab pertanyaan, membaca cepat, menulis dialog, mengapresiasi cerita rakyat atau dongeng.
2. Siswa mengamati dan merespon penjelasan guru.
3. Siswa secara berkelompok mendiskusikan penjelasan guru.
4. Siswa membuat kesimpulan sementara dan masing-masing anggota kelompok mengomunikasikannya.
5. Guru menanggapi jawaban siswa dan memberi informasi yang benar.
III. Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2. Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi.
3. Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.
E. Sumber Belajar
1. Buku Basa Jawa Kelas IV.
2. Referensi lain yang relevan.
F. Penilaian Hasil Belajar
A. Uji Tertulis
Bentuk instrumen : Pilihan ganda, isian, dan uraian.
Contoh soal : Dongeng kewan sing bisa wawangunem diarani ….
B. Uji Praktik/Portofolio
Contoh soal :

| Tema Subtema Kelas/Semester | : Tata Krama : Nulis : IV/I | Jeneng Tanggal Wektu | : …………………... : …………………... : …………………... |
1. Masalah : Kepriye carane ngaturake undhangan ulem marang tangga?
2. Wangsulan sawetara : ……………………………………………………………………
3. Parentah : Tulisna ukara kang trep kanggo ngaturake undhangan ulem marang tangga!
4. Pituduh : a. Macaa buku bab unggah-ungguh basa!
b. Nyuwuna pirsa marang wong tuwamu utawa simbahmu babagan atur-atur marang wong liya!
c. Tulisen asile ing papan ngisor iki!
5. Ajang gladhen :
| Papan kanggo nggarap: .......…………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………………….. |
| Skor | Aspek kang Dibiji | Biji | Biji Akir | Tepak Asma | |
| Guru | Tiyang Sepuh | ||||
| A : 8,5 - 10 B : 7,5 – 8,4 C : 6,5 – 7,4 D : 0 – 6,4 | 1. surasane ukara 2. tata basa | …….... …….... | ……… | ………………... | ………………. |
| Mengetahui, Kepala Sekolah __________________ NIP | ………., …………………………… Guru Kelas __________________________ NIP |
0 Komentar