| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
| Tingkat Pendidikan : Sekolah Dasar Kelas/Semester : VI/Ganjil Mata Pelajaran : Basa Jawa |
Standar Kompetensi:
1. Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana, cakapan, dongeng, geguritan, tembang dalam berbagai ragam bahasa.
2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dengan memerhatikan berbagai ragam bahasa dan unggah-ungguh basa yang sesuai.
3. Mampu membaca dan memahami berbagai ragam teks bacaan dengan menggunakan teknik membaca cepat, membaca bersuara, membaca indah, dan membaca huruf Jawa.
4. Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan kaidah penulisan dan unggah-ungguh yang sesuai.
5. Mampu mengapresiasi susastra Jawa.
Kompetensi Dasar:
1.3 Mendengarkan pembacaan teks cerita anak.
2.3 Mengkritisi sesuatu disertai alasan yang logis dengan menggunakan bahasa yang santun.
3.1 Membaca pemahaman.
4.2 Meringkas bacaan.
5.1 Mengapresiasi susastra Jawa, misal: cerita wayang, naskah drama, geguritan, dan sebagainya.
Indikator:
· Siswa mampu mendengarkan pembacaan cerita anak.
· Siswa mampu membuat kalimat kritikan.
· Siswa mampu membaca aksara Jawa.
· Siswa mampu meringkas bacaan.
· Siswa mampu mengapresiasi sandiwara.
Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1. Menjelaskan perwatakan masing-masing tokoh dalam cerkak.
2. Memberikan kritikan positif terhadap suatu permasalahan.
3. Membaca tulisan Jawa dengan benar.
4. Meringkas bacaan bertema “Budi Pekerti”.
5. Menjawab pertanyaan berdasar bacaan.
B. Materi Pembelajaran
· Nyemak
· Micara
· Maca
· Nulis
· Apresiasi Sastra
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inkuiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan situasi KBM)
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang cara menyimak dan memahami teks cerita anak, mengkritisi sesuatu disertai alasan yang logis, membaca pemahaman, meringkas bacaan, mengapresiasi sandiwara.
2. Siswa mengamati dan merespon penjelasan guru.
3. Siswa secara berkelompok mendiskusikan penjelasan guru.
4. Siswa membuat kesimpulan sementara dan masing-masing anggota kelompok mengomunikasikannya.
5. Guru menanggapi jawaban siswa dan memberi informasi yang benar.
III. Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2. Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi.
3. Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.
E. Sumber Belajar
1. Buku Basa Jawa SD Kelas VI.
2. Referensi lain yang relevan.
F. Penilaian Hasil Belajar
A. Uji Tertulis
Bentuk instrumen : Pilihan ganda, isian, dan uraian.
Contoh soal : Tata kramane wong Jawa yen mlaku ngliwati wong sing diajeni patrape ….
a. mlaku jejeg
b. mlaku mbungkuk sethithik
c. mlaku mbanda tangan
d. mlaku ndlujur
B. Uji Praktik/Portofolio
Contoh soal : Gawe karangan telung paragraf wae kang isine babagan budi pekerti! Tulisen kanthi tumata ing buku tugasmu, banjur asile diaturake marang gurumu!
| Mengetahui, Kepala Sekolah __________________ NIP | ………., …………………………… Guru Kelas __________________________ NIP |
0 Komentar