Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP KELAS BHS JAWA SD KELAS IV/Semester I,4





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tingkat Pendidikan  : Sekolah Dasar
Kelas/Semester      : IV/Ganjil
Mata Pelajaran        : Basa Jawa

Standar Kompetensi:
1.  Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa (ngoko, krama, dialek).
2.  Mampu memahami cerita, puisi, dan drama serta dapat memberikan kesan dan dapat mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan.
3.  Mampu membaca dan memahami berbagai ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca bersuara, membaca cepat, membaca indah, dan membaca huruf Jawa.
4.  Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa.
5.  Mampu mengapresiasi susastra Jawa.

Kompetensi Dasar:
1.3 Mendengarkan cerita tentang lingkungan budaya.
2.2 Mengajukan dan menjawab pertanyaan.
3.1 Membaca bersuara.
4.2 Menulis deskripsi keindahan alam dan sebagainya.
5.1 Mengapresiasi susastra Jawa (misal: cerita wayang, naskah drama, geguritan, tembang, dan sebagainya).

Indikator:
·      Siswa mampu mendengarkan cerita tentang lingkungan budaya.
·      Siswa mampu mengajukan dan menjawab pertanyaan.
·      Siswa mampu membaca aksara Jawa.
·      Siswa mampu menulis deskripsi keindahan alam.
·      Siswa mampu mengapresiasi geguritan.

Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran
A.   Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1.    Menceritakan kembali cerita mengenai lingkungan budaya yang didengarkan.
2.    Bertanya dan menjawab pertanyaan.
3.    Membaca dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang benar.
4.    Menulis karangan tentang keindahan alam.
5.    Menceritakan isi geguritan.

B.   Materi Pembelajaran
·     Nyemak
·     Micara
·     Maca
·     Nulis
·     Apresiasi Sastra
C.   Metode Pembelajaran
1.   Ceramah bervariasi
2.   Diskusi
3.   Inkuiri
4.   Tanya jawab
5.   Simulasi
6.   Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan situasi KBM)

D.   Langkah-Langkah Kegiatan
I.    Kegiatan Pendahuluan
1.   Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2.   Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II.   Kegiatan Inti
1.   Guru menjelaskan tentang cara mendengarkan cerita tentang lingkungan budaya, mengajukan dan menjawab pertanyaan, membaca bersuara, menulis deskripsi, mengapresiasi geguritan.
2.   Siswa mengamati dan merespon penjelasan guru.
3.   Siswa secara berkelompok mendiskusikan penjelasan guru.
4.   Siswa membuat kesimpulan sementara dan masing-masing anggota kelompok mengomunikasikannya.
5.   Guru menanggapi jawaban siswa dan memberi informasi yang benar.
III.  Kegiatan Penutup
1.   Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2.   Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi.
3.   Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.

E.   Sumber Belajar
1.   Buku Basa Jawa Kelas IV.
2.   Referensi lain yang relevan.

F.   Penilaian Hasil Belajar
A.  Uji Tertulis
Bentuk instrumen   :   Pilihan ganda, isian, dan uraian.
Contoh soal           :   Apa tegese radya pustaka iku?
B.  Uji Praktik/Portofolio
Contoh soal           :   Nyuwuna pirsa marang gurumu babagan panggonan kang digunakake kanggo sumber budaya kang ana ing Pulo Jawa. Rungokna anggone gurumu nerangake, banjur ringkesen kanthi ditulis ing buku garapanmu! Sawise rampung, critakna ana ing ngarep kelas!



        Mengetahui,
      Kepala Sekolah



__________________
NIP
                    ………., ……………………………
                                        Guru Kelas



                    __________________________
                    NIP

Posting Komentar

0 Komentar