Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP KELAS BHS JAWA SD KELAS V /Semester I, 1




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tingkat Pendidikan  : SD
Kelas/Semester      : V/Ganjil
Mata Pelajaran        : Basa Jawa

Standar Kompetensi:
1.  Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan pesan langsung cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegemaran.
2.  Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dengan ragam bahasa tertentu.
3.  Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan dengan berbagai teknik membaca bersuara, membaca cepat, membaca indah, dan membaca huruf Jawa.
4.  Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa.
5.  Mampu mengapresiasi susastra Jawa.

Kompetensi Dasar:
1.1 Mendengarkan pesan secara langsung atau lewat telepon.
2.2 Melakukan wawancara dengan memerhatikan pilihan kata dan santun berbahasa yang sesuai.
3.2 Membaca bersuara
4.3 Meringkas.
5.1 Mengapresiasi susastra Jawa (misal: cerita wayang, naskah drama, geguritan, dan sebagainya).

Indikator:
·      Siswa mampu menyimak pesan yang disampaikan lewat telepon.
·      Siswa mampu melakukan wawancara dengan baik dan benar.
·      Siswa mampu membaca wacana dengan suara yang jelas, dan intonasi yang benar.
·      Siswa mampu meringkas bacaan.
·      Siswa mampu mengapresiasi cerita wayang.

Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran
A.   Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1.    Menyimak pesan yang diberikan oleh guru.
2.    Melakukan wawancara.
3.    Membaca dengan bersuara dan menjawab pertanyaan bacaan.
4.    Membuat ringkasan berdasar bacaan.
5.    Memahami cerita wayang.

B.   Materi Pembelajaran
·     Nyemak
·     Micara
·     Maca
·     Nulis
·     Apresiasi Sastra

C.   Metode Pembelajaran
1.   Ceramah bervariasi
2.   Diskusi
3.   Inkuiri
4.   Tanya jawab
5.   Simulasi
6.   Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan situasi KBM)

D.   Langkah-Langkah Kegiatan
I.    Kegiatan Pendahuluan
1.   Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2.   Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II.   Kegiatan Inti
1.   Guru menjelaskan tentang cara menyimak dengan benar, cara melakukan wawancara, cara membaca dengan benar, cara meringkas bacaan, dan mengapresiasi cerita wayang.
2.   Siswa mengamati dan merespon penjelasan guru.
3.   Siswa secara berkelompok mendiskusikan penjelasan guru.
4.   Siswa membuat kesimpulan sementara dan masing-masing anggota kelompok mengkomunikasikannya.
5.   Guru menanggapi jawaban siswa dan memberi informasi yang benar.
III.  Kegiatan Penutup
1.   Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2.   Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi.
3.   Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.

E.   Sumber Belajar
1.   Buku Basa Jawa V.
2.   Referensi lain yang relevan.

F.   Penilaian Hasil Belajar
A.  Uji Tertulis
Bentuk instrumen   :   Pilihan ganda, isian, dan uraian.
Contoh soal           :   Aranana telu wae garwane Kresna!
B.  Uji Praktik/Portofolio
Contoh soal           :   Tindakna wawancara karo sawijining dhokter ing dhaerahmu. Nyuwuna pirsa sababe bisa ketaman lara demam berdarah. Kabeh katrangan mau direkam! Aja lali tulisen dhisik pitakon-pitakon kang arep kokaturake marang dhokter mau!



        Mengetahui,
      Kepala Sekolah



__________________
NIP
                    ………., ……………………………
                                        Guru Kelas



                    __________________________
                    NIP

Posting Komentar

0 Komentar