RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
Tingkat Pendidikan : SD Kelas/Semester : V/Ganjil Mata Pelajaran : Basa Jawa |
Standar Kompetensi:
1. Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan pesan langsung cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegemaran.
2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dengan ragam bahasa tertentu.
3. Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan dengan berbagai teknik membaca bersuara, membaca cepat, membaca indah, dan membaca huruf Jawa.
4. Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa.
5. Mampu mengapresiasi susastra Jawa.
Kompetensi Dasar:
1.2 Mendengarkan cerita rakyat.
2.1 Menanggapi suatu permasalahan dan memberikan saran atau jalan keluar untuk memecahkan masalah tersebut.
3.1 Membaca pemahaman.
4.1 Menulis karangan.
5.2 Mengapresiasi susastra Jawa (misal: cerita wayang, naskah, drama, geguritan, dan sebagainya).
Indikator:
· Siswa mampu menyimak dongeng dengan benar.
· Siswa dapat menulis tanggapan terhadap suatu permasalahan dengan baik.
· Siswa dapat membaca dan menulis aksara Jawa.
· Siswa dapat membuat karangan.
· Siswa dapat mengapresiasi geguritan.
Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1. Menjelaskan kata-kata sulit dari sebuah bacaan yang dibacakan oleh guru.
2. Menulis tanggapan terhadap sebuah permasalahan.
3. Menyalin tulisan Latin ke dalam tulisan Jawa.
4. Membuat karangan berdasarkan gambar.
5. Mendeklamasikan geguritan.
B. Materi Pembelajaran
· Nyemak
· Micara
· Maca
· Nulis
· Apresiasi Sastra
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inkuiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan situasi KBM)
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang menyimak cerita rakyat, menanggapi suatu permasalahan, membaca aksara Jawa, menulis karangan, dan mengapresiasi geguritan.
2. Siswa mengamati dan merespon penjelasan guru.
3. Siswa secara berkelompok mendiskusikan penjelasan guru.
4. Siswa membuat kesimpulan sementara dan masing-masing anggota kelompok mengokmunikasikannya.
5. Guru menanggapi jawaban siswa dan memberi informasi yang benar.
III. Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2. Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi.
3. Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.
E. Sumber Belajar
1. Buku Basa Jawa V.
2. Referensi lain yang relevan.
F. Penilaian Hasil Belajar
A. Uji Tertulis
Bentuk instrumen : Pilihan ganda, isian, dan uraian.
Contoh soal : Sapa jenenge garwane Ki Ageng Pemanahan?
B. Uji Praktik/Portofolio
Contoh soal : Gawea karangan telung paragraf babagan gunung mbledhos! Tulisen kanthi tumata ing buku tugasmu!
Mengetahui, Kepala Sekolah __________________ NIP | ………., …………………………… Guru Kelas __________________________ NIP |
0 Komentar