Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP KELAS BHS JAWA SD KELAS TIGA/Semester I, 2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tingkat Pendidikan  : SD
Kelas/Semester      : III/Ganjil
Mata Pelajaran        : Basa Jawa

Standar Kompetensi:
1.  Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan cerita teman, cerita rakyat, cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegemaran.
2.  Mampu memahami cerita, puisi, dan drama serta dapat memberikan kesan, mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan.
3.  Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan dengan teknik membaca bersuara, membaca indah, membaca cepat, dan membaca huruf Jawa.
4.  Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa.
5.  Mampu mengapresiasi susastra Jawa: cerita rakyat, dongeng, cerita wayang, geguritan, dan tembang macapat.

Kompetensi Dasar:
1.1 Mendengarkan cerita teman.
2.1 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu.
3.1 Membaca pemahaman.
4.2 Meringkas bacaan narasi atau cerita sederhana.
5.2 Mengapresiasi cerita wayang.

Indikator:
·      Siswa mampu menyimak cerita teman.
·      Siswa mampu menceritakan cara membuat suatu barang.
·      Siswa mampu memahami isi bacaan yang dibaca.
·      Siswa mampu meringkas bacaan dengan benar.
·      Siswa mampu mengapresiasi cerita wayang.

Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran
A.   Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1.    Menyimak cerita teman dan menjawab pertanyaan.
2.    Menjelaskan cara membuat sesuatu.
3.    Membaca dengan memahami isi bacaan dan menjawab pertanyaan bacaan.
4.    Meringkas bacaan.
5.    Memahami cerita wayang.

B.   Materi Pembelajaran
·     Nyemak
·     Micara
·     Maca
·     Nulis
·     Apresiasi Sastra
C.   Metode Pembelajaran
1.   Ceramah bervariasi
2.   Diskusi
3.   Inkuiri
4.   Tanya jawab
5.   Simulasi
6.   Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan situasi KBM)

D.   Langkah-Langkah Kegiatan
I.    Kegiatan Pendahuluan
1.   Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2.   Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II.   Kegiatan Inti
1.   Guru menjelaskan tentang cara mendengar cerita teman, menjelaskan urutan membuat sesuatu, membaca pemahaman, meringkas bacaan narasi atau cerita sederhana, mengapresiasi cerita wayang.
2.   Siswa mengamati dan merespon penjelasan guru.
3.   Siswa secara berkelompok mendiskusikan penjelasan guru.
4.   Siswa membuat kesimpulan sementara dan masing-masing anggota kelompok mengomunikasikannya.
5.   Guru menanggapi jawaban siswa dan memberi informasi yang benar.
III.  Kegiatan Penutup
1.   Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2.   Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi.
3.   Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.

E.   Sumber Belajar
1.   Buku Basa Jawa SD Kelas III.
2.   Referensi lain yang relevan.

F.   Penilaian Hasil Belajar
A.  Uji Tertulis
Bentuk instrumen   :   Pilihan ganda, isian, dan uraian.
Contoh soal           :   Papan sing kanggo dol tinuku barang diarani ….
                                 a. toko                              c.  warung
                                 b. pabrik                           d.  pasar
B.  Uji Praktik/Portofolio
Contoh soal           :   Goleka sadhengah wacan ing perpustakaan sekolahmu! Wacanen banjur gawenen ringkesan critane! Menawa wis rampung, critakna ana ing ngarep kelas!


        Mengetahui,
      Kepala Sekolah



__________________
NIP
                    ………., ……………………………
                                       Guru Kelas



                    __________________________
                    NIP

Posting Komentar

0 Komentar