RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA : KEBERSIHAN, KESEHATAN DAN KEAMANAN
KELAS / SEMESTER : II / 2(dua)
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
3.1. Mengenal kegiatan bermusyawarah.
2. BAHASA INDONESIA
Mendengarkan
5.2. Menceritakan kembali isi dongeng yang didengamya.
Berbicara
6.2. Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
Membaca
7.2. Menyebutkan isi teks agak panjang (20-25 kalimat) yang dibaca dalam hati.
Menulis
8.2. Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yahg rapi.
3. MATEMATIKA
Bilangan
3.1. Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
Geometri dan Pengukuran
4.2. Mengenal sisi-sisi bangun datar.
4. IPA
3.2. Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematiiya.
5. IPS
2.1. Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga
II. INDIKATOR
1. PKN
Menjetaskan manfaat bermusyawarah
Menjelaskan pengertian bermusyawarah
Melaksanakan hash musyawarah.
2. BAHASA INDONESIA
Mendengarkan
Mendengarkan dongeng
Menjawáb pertanyaan tentang isi dongeng
Berbicara
Menceritakan kembali cerita yang didengar dengan kata-kata sendiri.
Membaca
Menyebutkan isi teks dan bacaan
Menulis
Menuliskan puisi dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
3. MATEMATIKA
Bilangan
Mengenal perkalian sebagai penjumlahan berulang
Mengenal fakta perkalian yang hasilnya dua angka
Mengerjakan soal cerita dalambentuk perkalian
Geometri dan Pengukuran.
Menyebutkan jumlah sisi persegi
Menyebutkan jumlah sisi persegi panjang
4. IPA
Energi dan Perubahannya
Menyebutkan alat-alat komunikasi yang menggunakan listrik
Menyebutkan kegunaan alat komunikasi.
5. IPS
Menyebutkan kedudukan / peran ayah
Menyebutkan kedudukan / peran ibu
Menyebutkan kedudukan / peran anak
III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN MINGGU I
A. Kegiatan Awal:
1. Do’a bersama
2. Mengabsen siswa
3. Apersepsi
B. Kegiatan Inti
1. Guru bertanya jawab tentang dongeng komunikasi
2. Guru mendongeng / bercerita tentang komunikasi
3. Mengadakan tanya jawab dengan teman sebangkunya tentang dongeng yang di dengar
4. Mengajukan beberapapertanyaan tentang isi dongeng komunikasi
5. Anak menuliskan jumlah atat komunikasi yang dimiliki
6. Anak diajak berhitung perkalian
7. Anak diajak menghitung jumlah sisi bangun datar yang ada di dalam kelas
8. Tanya jawab tentang alat komunikasi yang menggunakan listrik
9. Anak diajak tanya jawab tentang peran/ kedudukan orang tua di dalam anggota keluarga.
10. Anak menggambarkan bangun datar persegi dan persegi panjang.
C. Penutup
Guru dan anak membuat kesimpulan tentang “Komunikasi” Anak menyanyikan lagu “Tukang Pos”
PERTEMUAN MINGGU KE-2
A. Kegiatan Awal
1. Do’a bersama
2. Mengabsen siswa
3. Apersepsi
B. Kegiatan
1. Anak diajak bermusyawarah tentang alat komunikasi
2. Guru membagi buku perpustakaan untuk dibaca oleh anak
3. Guru menulis puisi di papan tulis anak menyalin meñggunakan huruf tegak bersambung
4. Guru bercerita tentang soat cerita perkalian
5. Anak diajak menghitung jumlah sisi bangun datar yang ada di dalam kelas
6. Anak diajak berkomunikasi melatui alat komunikasi
7. Tanya jawab tentang perani kedudukau anak di dalam anggota keluarga
C. Penutup
Guru dan anak membuat kesimpulan tentang “Komunikasi”
V. Evaluasi
1. Lesan : Tanyajawab
2. Tertulis : Isian, uraian
3. Unjuk kerja : Hasil pengamatan dan praktek
4. Portofolio
0 Komentar