RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA : PERISTIWA ALAM
KELAS / SEMESTER : II / 2(dua)
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
3.2. Menghargai suara terbanyak ( mayoritas)
2. BAHASA INDONESIA
Medengarkan
5.2 Menceritakan isi dongeng yang didengar
Berbicara
6.2. Menceritakan cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri Membaca
7.2. Menyebutkan isi teks agak panjang (20 - 25 kailmat) yang dibaca dalam hati
Menulis
8.2. Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung
3. MATEMATIKA
Bilangan
3.2. Melakukan pembagian bilangan 2 angka
Geometri
4.2. Mengenal sisi bangun datar
4. LIMU PENGETAHUAN ALAM
4.1. Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore han.
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
2.2. Menceritakan pengalamannya dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga
II. INDIKATOR
1. PKN
3.2.1. Menjelaskan anti menghargai
3.2.2. Membeni contoh menghargai.
2. BAHASA INDONESIA
Mendengarkan
5.2.1. Menceritakan kembali dongeng yang didengar dengan kata-kata sendiri
5.2.2. Menyebutkan tokoh-tokoh yang ada di datam dongeng
Berbicara
6.2.1. Dapat bercerita kembali dengan menggunàkan kata-katasendini
6.2.2. Membuat pertanyaan sesual dengan isi dongeng
Membaca
7.2.1. Menuliskan isi teks dalam kalimat yang telah dibaea
7.2.2. Menjawab pertanyaan yang sesual dengan teks.
Menulis
8.2.1. Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung
8.2.2. Membuat puisi anak dengan judul bebas
3. MATEMATIKA
Bilangan
3.2.1. Mengenal anti pembagian
3.2.2. Mengerjakan soal-soal pembagian 2 angka
Geometni I Pengukuran
4.2.1. Menyebutkan bentuk-bentuk bangunan datar
4.2.2. Menunjukkan sisi-sisi bangun datar
4. IPA
4.1.1. MencerUakan kedudukan matahari pagi, siang dan sore han.
4.1.2. Membedakan panas yang dipancarkan matahari pada waktu pagi, siang dan sore hari.
5. IPS
2.2.1. Bercerita tentang pengalaman dalam melaksanakan pesan dalam keluarga
2.2.2. Dapat menuliskan pengalaman melaksanakan peran dalam keluarga
Ill. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
1. Do’a
2. Mengabsen siswa
3. Apersepsi
B. Kegiatan Inti
Pertemuan I
1. Anak diajak berdiri bérsama untuk menyanyikan lagu “Naik-naik ke Puncak Gunung”
2. Guru bercerita tentang tempat-tempat rekreasi
3. Guru bercerita tentang objek wisata “Pantal Marina”
4. Anak didik menceritakan kembali objek Wisata “Pantai Marina”
5. Peserta didik menyebutkan perbekalan apa saja yang akan dibawa pada waktu ke objek wisata.
6. Anak didik diajak bermain tentang biIangan pembagian
7. Anak didik menunjukkan arah matahari terbit dan terbenam
8. Melaksanakan tugas Porto Folio.
Pertemuan II minggu ke 2
1. Anak didik diajak bernyanyi “Naik Becak” bersama-sama
2. Guru memberi contoh menghargai orang lain.
3. Peserta didik melakukan cara meng~hargai orang lain.
4. Guru membacakan teks yang berjudul “Kebun Keluarga”
5. Peserta didik menuliskan kembali dengan menggunakan kata-kata sendiri, bacaan yang didengar.
6. Peserta didik membacakan hasH kerja anak ke depan kelas.
7. Peserta didik mengerjakan soal-soal pembagian 2 angka
8. Guru menjelaskan kedudukan matahari
9. Guru menjelaskan manfaat matahari bagi tubuh kita.
10. Peserta didik menuliskan pengalaman sendiri di dalam keluarga.
Pertemuan III mlnggu 3
1. Peserta didik diajak menyanyikan “Naik Delman”.
2. Guru memberi contoh menghargai orang lain.
3. Guru memberi contoh puisi yang benar, peserta didik menirukan.
4. Peserta didik menyalin puisi yang berjudul “Ke Puncak Gunung”
5. Guru memperlihatkan bermacam-macam bangun datar.
6. Peserta didik menyebutkan macam-macam bangun datar.
7. Guru menjelaskan sisi-sisi bangun datar; peserta didik maju untuk menunjukkan.
8. Peserta didik mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru.
9. Peserta didik menuliskan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam keluarga.
IV. SUMBER MEDIA PEMBELAJARAN
A. Sumber
1. Buku Tematik
2. Buku Pendamping
3. Pengembangan guru
4. Lingkungan
5. Siswa
B. Media Pembelajaran
1. Kartu bilangan
2. Hewan tiruan
3. Lingkungan
V. Evaluasi
1. Lesan : Tanya jawab
2. Tertulis : Isian, uraian
3. Unjuk kerja : Hasil pengamatan dan praktek
4. Portofolio
0 Komentar