RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Komputer
Kelas : II / I
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi Program Microsoft Paint
Kompetensi Dasar : Pengoperasian Microsoft Paint
Materi : 1. Pengertian Microsoft Paint
2. Cara mengaktifkan Microsoft Paint
Indikator : 1. Siswa dapat mengerti program Microsoft Paint
2. Siswa dapat membedakan program Microsoft Paint dengan program lainnya.
3. Siswa dapat mengaktifkan program Microsoft Paint dengan benar.
Metode Pembelajaran : Ceramah, Apersepsi, Latihan, Demonstrasi
Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan Pertama :
A. Kegiatan Awal
- salam pembuka
- apersepsi dan motivasi
- absensi
- penyampaian tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
- guru mengingatkan siswa terhadap materi pelajaran yang diterima di kelas sebelumnya.
guru memberikan penjelasan tentang Microsoft Paint
guru memperlihatkan contoh gambar yang dapat digambar melaui Microsoft Paint
guru menanyakan kepada siswa tentang tanggapan siswa terhadap gambar tersebut
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
guru memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut
siswa diminta untuk menggambarkan salah satu contoh yang diperlihatkan, di kertas gambar
C. Kegiatan Penutup
- guru memberikan evaluasi
- guru memberikan kesimpulan
- salam penutup
Pertemuan Kedua
A. Kegiatan Awal
- salam pembuka
- apersepsi dan motivasi
- absensi
- penyampaian tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
- guru menanyakan materi pelajaran minggu sebelumnya
- siswa menjawab secara bergiliran
- guru menyampaikan materi tentang cara mengaktifkan Microsoft Paint.
- siswa dimita untuk menghidupkan komputer secara benar
- siswa diminta mengaktifkan program Microsoft Paint berdasarkan langkah-langkah yang diberikan pada teori
- siswa diminta untuk mengamati setiap detail yag ada pada jendela Microsoft Paint.
- guru meminta siswa untuk mengklik ikon satu persatu dan mencoba pada kanvas
C. Kegiatan Penutup
- guru memberikan evaluasi
- guru memberikan kesimpulan
- salam penutup
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
(...........................) (.........................)
NIP. NIP. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Komputer
Kelas : II / I
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi Program Microsoft Paint
Kompetensi Dasar : Pengoperasian Microsoft Paint
Materi : 1. Membuat Dokumen Baru
2. Menyimpan Dokumen
Indikator : 1. Siswa dapat membuat dokumen baru untuk menggambar
2. Siswa dapat menyimpan dokumen baru secara benar
Metode Pembelajaran : Ceramah, Apersepsi, Latihan, Demonstrasi
Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan Pertama :
A. Kegiatan Awal
- salam pembuka
- apersepsi dan motivasi
- absensi
- penyampaian tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
- guru menjelaskan cara untuk membuat dokumen baru dan menyimpan dokumen
- siswa mengikuti petunjuk guru dalam membuat dokumen baru
- guru memperhatikan satu per satu siswa yang praktek
- guru memberikan contoh untuk gambar-gambar sederhana
- setelah benar kemudian disimpan dengan langkah-langkah yang jelas
- setelah selesai siswa diminta untuk mengulang langkah-langkah tersebut
- guru menanyakan kesulitan apa yang dihadapi siswa
- guru menunjukkan jalan keluar / pemecahan masalah
- apabila sudah benar siswa diminta untuk menyimpan hasil kerjanya.
C. Kegiatan Penutup
- guru memberikan evaluasi
- guru memberikan kesimpulan
- salam penutup
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
(...........................) (.........................)
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Komputer
Kelas : II / I
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi Program Microsoft Paint
Kompetensi Dasar : Pengoperasian Microsoft Paint
Materi : 1. Membuka Dokumen Gambar
2. Mencetak Gambar
3. Keluar dari Microsoft Paint
Indikator : 1. Siswa dapat membuka dokumen yang diinginkan
2. Siswa dapat menunjukkan alat pencetak dan cara kerjanya.
3. Siswa dapat menutup atau keluar dari Microsoft Paint secara benar
Metode Pembelajaran : Ceramah, Apersepsi, Latihan, Demonstrasi
Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan Pertama :
A. Kegiatan Awal
- salam pembuka
- apersepsi dan motivasi
- absensi
- penyampaian tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
- guru menyegarkan kembali ingatan siswa tentang materi-materi sebelumnya
- guru menanyakan ke siswa nama file yang disimpan pada pertemuan sebelumnya
- guru memberikan penjelasan serta cara untuk membuka dokumen gambar
- guru memberikan pengertian tentang alat pencetak, fungsi serta cara kerjanya.
- guru memberikan penjelasan tentang cara keluar dari Microsoft Paint secara benar
- siswa diminta untuk mempraktekkan sesuai apa yang ditangkapnya
- guru memperhatikan apa yang dilakukan siswa dan mengingatkan serta membenarkan jika terjadi kesalahan-kesalahan
- tanya jawab tentang materi
C. Kegiatan Penutup
- guru memberikan evaluasi
- guru memberikan kesimpulan
- salam penutup
Pertemuan Kedua :
A. Kegiatan Awal
- salam pembuka
- apersepsi dan motivasi
- absensi
- penyampaian tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
- guru mengulang pelajaran yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
- siswa diminta untuk membuka file yang disimpan
- siswa diminta untuk merubah tampilan yang ada, kemudian disimpan kembali
- file kembali dibuka, kemudian siswa diminta untuk mencetaknya dengan printer.
- guru membimbing untuk melakukan pencetakan
- siswa diminta untuk membandingkan hasil pencetakan dengan yang tampil pada monitor.
- setelah itu siswa diminta untuk menutup dokumen dan kemudian keluar dari Microsoft Paint.
C. Kegiatan Penutup
- guru memberikan evaluasi
- guru memberikan kesimpulan
- salam penutup
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
(...........................) (.........................)
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Komputer
Kelas : II / I
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi Perangkat Yang digunakan dalam Microsoft Paint
Kompetensi Dasar : Penggunaan perangkat keras yang sering digunakan pada Microsoft Paint.
Materi : 1. Mouse sebagai perangkat utama dalam Microsoft Paint
2. Operasional Mouse
Indikator : 1. Siswa dapat mengerti kegunaan mouse dalam kegiatan menggambar
2. Siswa dapat mengoperasikan mouse secara benar.
Metode Pembelajaran : Ceramah, Apersepsi, Latihan, Demonstrasi
Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan Pertama :
A. Kegiatan Awal
salam pembuka
apersepsi dan motivasi
absensi
penyampaian tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
guru meminta siswa menyebutkan perangkat keras dengan menunjukkan secara langsung bendanya.
guru menjelaskan kepada siswa kegunaan perangkat keras secara umum.
guru menjelaskan bahwa dalam menggambar, mouse memegang peran penting untuk mempermudah kegiatan.
mendemonstrasikan penggunaan klik kiri, klik kanan, scroll ( penggulung ) dalam mouse
tanya jawab dengan siswa tentang kegunaan klik kiri, klik kanan, scrol ( penggulung )
C. Kegiatan Penutup
guru memberikan evaluasi
guru memberikan kesimpulan
salam penutup
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
(...........................) (.........................)
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Komputer
Kelas : II / I
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi Komponen Pada Jendela Microsoft Paint
Kompetensi Dasar : Mengenal Perangkat Lunak Untuk Menggambar
Materi : 1. Perangkat Lunak Menggambar
Indikator : 1. Siswa dapat menunjukkan komponen yang ada pada Microsoft Paint.
2. Siswa dapat menunjukkan ikon menu, gambar,kanvas, dan kotak pilihan warna
3. Siswa dapat menjelaskan fungsi dari komponen tersebut.
Metode Pembelajaran : Ceramah, Apersepsi, Latihan, Demonstrasi
Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan Pertama :
A. Kegiatan Awal
salam pembuka
apersepsi dan motivasi
absensi
penyampaian tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
guru membahas tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
menjelaskan pengertian perangkat lunak menggambar dan perangkat lunak lainnya
siswa diminta untuk menghidupkan komputer secara benar.
siswa diminta untuk membuka program Microsoft Paint dengan benar.
guru mengamati yang dilakukan siswa dan memberikan pengarahan bila ada siswa yang kesulitan
siswa diminta untuk mengamati tampilan yag ada.
siswa diminta mengklik satu per satu ikon yang ada dan mengamati perubahan yang terjadi pada tampilan.
siswa diminta untuk mencatatnya.
C. Kegiatan Penutup
guru memberikan evaluasi
guru memberikan kesimpulan
salam penutup
Pertemuan Kedua :
A. Kegiatan Awal
salam pembuka
apersepsi dan motivasi
absensi
penyampaian tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
siswa diminta kembali membuka catatannya.
siswa diminta untuk menghidupkan komputer dan membuka Microsoft Paint.
guru menjelaskan setiap detail dari ikon yang ada dari ikon menu, gambar, kanvas dan kotak pilihan warna.
siswa diminta untuk mengulang setiap langkah yang ada.
tanya jawab tentang materi yang diberikan.
guru memberikan penjelasan terhadap materi yang belum dikuasai siswa.
guru memberikan tugas pada siswa
C. Kegiatan Penutup
guru memberikan evaluasi
guru memberikan kesimpulan
salam penutup
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
(...........................) (.........................)
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Komputer
Kelas : II / I
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Microsoft Paint Untuk Produktivitas
Kompetensi Dasar : Mendemonstrasikan Penggunaan Ikon Untuk Menggambar
Materi : 1. Menggunakan ikon teks
2. Menggunakan ikon garis
3. Menggunakan ikon kurva
4. Menggunakan ikon persegi panjang
5. Menggunakan ikon polygon
6. Menggunakan ikon ellips
7. Menggunakan ikon persegi panjang bulat
8. Menggunakan ikon pensil
9. Menggunakan ikon cat kuas
10. Menggunakan ikon cat semprot
Indikator : 1. Siswa dapat mendemonstrasikan penggunaan ikon teks
Siswa dapat mendemonstrasikan penggunaan ikon garis
Siswa dapat mendemonstrasikan penggunaan ikon kurva
Siswa dapat mendemonstrasikan penggunaan ikon persegi panjang
Siswa dapat mendemonstrasikan penggunaan ikon polygon
Siswa dapat mendemonstrasikan penggunaan ikon ellips
Siswa dapat mendemonstrasikan penggunaan ikon persegi panjang bulat
Siswa dapat mendemonstrasikan penggunaan ikon pensil
Siswa dapat mendemonstrasikan penggunaan ikon cat kuas
Siswa dapat mendemonstrasikan penggunaan ikon cat semprot
Metode Pembelajaran : Ceramah, Apersepsi, Latihan, Demonstrasi
Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan Pertama :
A. Kegiatan Awal
salam pembuka
apersepsi dan motivasi
absensi
penyampaian tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
guru meminta siswa menghidupkan komputer dengan benar
siswa diminta mengaktifkan program Microsoft Paint
siswa membuka / memperhatikan ikon yang ada pada tollbox
siswa diminta menyebutkan nama satu per satu ikon yang ada beserta fungsinya
siswa diminta untuk mengklik tombol ikon teks
siswa diminta untuk menuliskan semboyan, peribahasa, nama masing-masing
siswa diminta untuk memberi warna pada teks dengan mengklik warna yang diinginkan yang terdapat pada kotak pilihan warna
siswa diminta untuk mencoba membesarkan / mengecilkan tampilan pada kanvas
hasil pengerjaan disimpan dalam file dengan nama “ latihan gambar ikon teks ( nama siswa ) “
diskusi / tanya jawab tentang kesulitan yang dihadapi.
C. Kegiatan Penutup
guru memberikan evaluasi
guru memberikan kesimpulan
salam penutup
Pertemuan Kedua :
A. Kegiatan Awal
salam pembuka
apersepsi dan motivasi
absensi
penyampaian tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
siswa diminta untuk mengklik ikon garis
siswa diminta untuk mengklik ketebalan garis
siswa diminta untuk mengklik warna yang diinginkan.
siswa diminta untuk membuat garis dengan mengedrag mouse sepanjang yang diinginkan
mengulang kegiatan dengan merubah arah dengan menyerong, dari atas ke bawah, dari bawah ke atas, panjang pendeknya, warnanya, ketebalan garis
C. Kegiatan Penutup
guru memberikan evaluasi
guru memberikan kesimpulan
salam penutup
Pertemuan Ketiga :
A. Kegiatan Awal
salam pembuka
apersepsi dan motivasi
absensi
- penyampaian tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
siswa diminta untk mengklik ikon kurva
siswa diminta untuk mengklik ketebalan kurva
siswa diminta untuk mengklik pilihan warna
siswa diminta untuk mengedrag dan membuat gambar kurva yang diinginkan.
siswa diminta memvariasi dengan mengubah tampilan seperti bentuk, ketebalan garis, warna, besar kecil, dll.
siswa diminta menyimpan dengan nama “ latihan gambar kurva ( nama siswa ).”
C. Kegiatan Penutup
guru memberikan evaluasi
guru memberikan kesimpulan
salam penutup
Pertemuan Keempat :
A. Kegiatan Awal
salam pembuka
apersepsi dan motivasi
absensi
penyampaian tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
siswa diminta untk mengklik ikon persegi panjang
siswa diminta untuk mengklik ketebalan garis
siswa diminta untuk mengklik pilihan warna
siswa diminta untuk mengedrag dan membuat gambar persegi panjang.
siswa diminta memvariasi dengan mengubah tampilan seperti bentuk, ketebalan garis, warna, besar kecil, dll.
siswa diminta menyimpan dengan nama “ latihan gambar persegi panjang ( nama siswa ) “
C. Kegiatan Penutup
guru memberikan evaluasi
guru memberikan kesimpulan
salam penutup
Pertemuan Kelima :
A. Kegiatan Awal
salam pembuka
apersepsi dan motivasi
absensi
penyampaian tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
siswa diminta untk mengklik ikon polygon
siswa diminta untuk mengklik ketebalan garis
siswa diminta untuk mengklik pilihan warna
siswa diminta untuk mengedrag dan membuat gambar polygon.
siswa diminta memvariasi dengan mengubah tampilan seperti bentuk, ketebalan garis, warna, besar kecil, dll.
siswa diminta menyimpan dengan nama “ latihan gambar polygon ( nama siswa ) “
C. Kegiatan Penutup
guru memberikan evaluasi
guru memberikan kesimpulan
salam penutup
Pertemuan Keenam :
A. Kegiatan Awal
salam pembuka
apersepsi dan motivasi
absensi
penyampaian tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
siswa diminta untk mengklik ikon ellips
siswa diminta untuk mengklik ketebalan garis
siswa diminta untuk mengklik pilihan warna
siswa diminta untuk mengedrag dan membuat gambar ellips.
siswa diminta memvariasi dengan mengubah tampilan seperti bentuk, ketebalan garis, warna, besar kecil, dll.
siswa diminta menyimpan dengan nama “ latihan gambar ellips ( nama siswa ) “
C. Kegiatan Penutup
guru memberikan evaluasi
guru memberikan kesimpulan
salam penutup
Pertemuan Ketujuh :
A. Kegiatan Awal
salam pembuka
apersepsi dan motivasi
absensi
penyampaian tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
siswa diminta untk mengklik ikon persegi panjang bulat
siswa diminta untuk mengklik ketebalan garis
siswa diminta untuk mengklik pilihan warna
siswa diminta untuk mengedrag dan membuat gambar persegi panjang bulat.
siswa diminta memvariasi dengan mengubah tampilan seperti bentuk, ketebalan garis, warna, besar kecil, dll.
siswa diminta menyimpan dengan nama “ laithan gambar persegi panjang bulat ( nama siswa ) “
C. Kegiatan Penutup
guru memberikan evaluasi
guru memberikan kesimpulan
salam penutup
Pertemuan Kedelapan :
A. Kegiatan Awal
salam pembuka
apersepsi dan motivasi
absensi
penyampaian tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
siswa diminta untk mengklik ikon pensil
siswa diminta untuk mengklik ketebalan garis
siswa diminta untuk mengklik pilihan warna
siswa diminta untuk mengedrag dan membuat gambar dengan pensil.
siswa diminta memvariasi dengan mengubah tampilan seperti bentuk, ketebalan garis, warna, besar kecil, dll.
siswa diminta menyimpan dengan nama “ laithan gambar pensil ( nama siswa ) “
C. Kegiatan Penutup
guru memberikan evaluasi
guru memberikan kesimpulan
salam penutup
Pertemuan Kesembilan :
A. Kegiatan Awal
salam pembuka
apersepsi dan motivasi
absensi
penyampaian tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
siswa diminta untk mengklik ikon cat kuas
siswa diminta untuk mengklik ketebalan cat
siswa diminta untuk mengklik pilihan warna
siswa diminta untuk mengedrag dan membuat gambar dengan cat kuas.
siswa diminta memvariasi dengan mengubah tampilan seperti bentuk, ketebalan garis, warna, besar kecil, dll.
siswa diminta menyimpan dengan nama “ latihan gambar cat kuas ( nama siswa ) “
C. Kegiatan Penutup
guru memberikan evaluasi
guru memberikan kesimpulan
salam penutup
Pertemuan Kesepuluh :
A. Kegiatan Awal
salam pembuka
apersepsi dan motivasi
absensi
penyampaian tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
siswa diminta untk mengklik ikon cat semprot
siswa diminta untuk mengklik ketebalan cat
siswa diminta untuk mengklik pilihan warna
siswa diminta untuk mengedrag dan membuat gambar dengan cat semprot.
siswa diminta memvariasi dengan mengubah tampilan seperti bentuk, ketebalan garis, warna, besar kecil, dll.
siswa diminta menyimpan dengan nama “ latihan gambar cat semprot ( nama siswa ) “
C. Kegiatan Penutup
guru memberikan evaluasi
guru memberikan kesimpulan
salam penutup
Pertemuan Kesebelas :
A. Kegiatan Awal
salam pembuka
apersepsi dan motivasi
absensi
penyampaian tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
siswa mengulang secara garis besar pertemua ke 1 – 10.
siswa dimita utuk menghidupkan komputer.
siswa diminta untuk membuka program Microsof Paint
siswa diminta menggambar sederhana dengan memvariasikan ikon-ikon yang ada, dan telah dipelajari sebelumnya.
guru memberikan bimbingan
tanya jawab terhadap kesulitan atau masalah yang dihadapi siswa.
C. Kegiatan Penutup
guru memberikan evaluasi
guru memberikan kesimpulan
salam penutup
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
(...........................) (.........................)
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran : Mulok Komputer
Kelas / Semester : II / 2
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Mendemonstrasikan ikon menggambar pada paint
Kompetensi Dasar : Terampil menggambar dan mewarnai
Materi : 1. Mengidentifikasi ikon pemadu gambar
2. Mengidentifikasikan ikon pengcopi gambar
3. Mengidentifikasi ikon pemotong gambar
4. Mengidentifikasi ikon penghapus gambar
Indikator : 1. Siswa dapat menunjukkan ikon pemadu gambar, beserta posisi dan fungsinya
2. Siswa dapat menunjukkan ikon pengcopi gambar beserta posisi dan fungsinya.
3. Siswa dapat menunjukkan ikon pemotong gambar beserta posisi dan fungsinya
4. Siswa dapat menunjukkan ikon penghapus gambar beserta posisi dan fungsinya
Metode Pembelajaran : Ceramah, Apersepsi, Latihan, Demonstrasi
Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan Pertama
Kegiatan Awal :
Salam pembuka
Apersepsi dan motivasi
Absensi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Siswa diminta menyebutkan ikon-ikon yang ada pada Microsoft Paint
Guru menjelaskan bahwa terdapat 4 penggolongan ikon
Siswa diminta untuk mengklasifikasikannya.
Siswa diminta untuk menggambarkan ikon-ikon tersebut.
Guru memeriksa benar atau salah identifikasi yang dilakukan siswa.
Kegiatan Akhir :
Guru memberikan evaluasi
Guru memberikan kesimpulan
Salam penutup
Pertemuan Kedua
Kegiatan Awal :
Salam pembuka
Apersepsi dan motivasi
Absensi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Guru meneliti tugas yang belum selesai
Guru menjelaskan fungi dari ikon-ikon pemadu gambar, pengcopi gambar, pemotong gambar, dan penghapus gambar
Siswa diminta untuk mengulangi apa yang disampaikan oleh guru.
Tanya jawab dengan pembahasan hal-hal yang tidak dimengerti siswa.
Praktek
Kegiatan Akhir :
Guru memberikan evaluasi
Guru memberikan kesimpulan
Salam penutup
Pertemuan Ketiga
Kegiatan Awal :
Salam pembuka
Apersepsi dan motivasi
Absensi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Praktek
Siswa diminta menunjukkan ikon sesuai yang disebutkan guru
Tanya jawab hal-hal yang belum dimengerti
Siswa diminta menggambar ikon pada kanvas
Guru memberikan bimbingan.
Kegiatan Akhir :
Guru memberikan evaluasi
Guru memberikan kesimpulan
Salam penutup
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
(...........................) (.........................)
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran : Mulok Komputer
Kelas / Semester : II / 2
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Mendemonstrasikan ikon menggambar pada paint
Kompetensi Dasar : Menggambar menggunakan ikon paint
Materi : 1. Menggunakan ikon pemadu gambar
2. Menggunakan ikon pengcopi gambar
3. Menggunakan ikon pemotong gambar
4. Menggunakan ikon penghapus gambar
Indikator : 1. Siswa dapat mendemonstrasikan ikon pemadu gambar
2. Siswa dapat mendemonstrasikan ikon pengcopi gambar
3. Siswa dapat mendemonstrasikan ikon pemotong gambar
4. Siswa dapat mendemonstrasikan ikon penghapus gambar
Metode Pembelajaran : Ceramah, Apersepsi, Latihan, Demonstrasi
Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan Pertama
Kegiatan Awal :
Salam pembuka
Apersepsi dan motivasi
Absensi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Siswa diminta menghidupkan komputer
Siswa diminta membuka program paint.
Guru meminta siswa untuk mengklik dan mencoba ikon pensil, ikon brush, ikon air brush ( pemadu gambar )
Guru memberi contoh pada siswa gambar untuk penggunaan ikon pensil, ikon brush, ikon air brush.
Siswa diminta membuat gambar sesuai yang dicontohkan
Guru membimbing siswa untuk menggambar.
Kegiatan Akhir :
Guru memberikan evaluasi
Guru memberikan kesimpulan
Salam penutup
Pertemuan Kedua
Kegiatan Awal :
Salam pembuka
Apersepsi dan motivasi
Absensi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Siswa diminta untuk menggambar sesuatu
Siswa diminta untuk menunjukkan ikon untuk pengcopi gambar ( select dan free form )
Siswa diminta mengcopi gambar dengan select / free form select, mouse di drag, pilih, copy, paste, sehingga gambar menjadi dua.
Tempatkan gambar sesuai yang diinginkan
Siswa diminta untuk mengulang dengan gambar lainnya
Guru mengawasi dan memberi bimbingan
Kegiatan Akhir :
Guru memberikan evaluasi
Guru memberikan kesimpulan
Salam penutup
Pertemuan Ketiga
Kegiatan Awal :
Salam pembuka
Apersepsi dan motivasi
Absensi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Siswa diminta untuk menggambar sesuatu
Siswa diminta untuk menunjukkan ikon untuk penghapus gambar ( eraser, select, free form select)
Siswa diminta untuk menghapus gambar sebagian/ seluruhnya.
Siswa diminta mengulangnya dengan sebaik-baiknya
Guru memberikan siswa kesempatan untuk bertanya
Guru memberikan bimbingan
Kegiatan Akhir :
Guru memberikan evaluasi
Guru memberikan kesimpulan
Salam penutup
Pertemuan Keempat
Kegiatan Awal :
Salam pembuka
Apersepsi dan motivasi
Absensi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Siswa diminta untuk membuat gambar bebas.
Siswa diminta melengkapi gambar dengan variasi lain yang telah dipelajari.
Guru mengawasi apa yang dilakukan siswa.
Guru memberikan bimbingan bila ada siswa yang mengalami kesulitan.
Kegiatan Akhir :
Guru memberikan evaluasi
Guru memberikan kesimpulan
Salam penutup
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
(...........................) (.........................)
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran : Mulok Komputer
Kelas / Semester : II / 2
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Mendemonstrasikan ikon menggambar pada paint
Kompetensi Dasar : Menggambar kreatif
Materi : 1. Membuat kelengkapan gambar
2. Mengombinasikan warna pada gambar
Indikator : 1. Siswa dapat membuat kelengkapan gambar
2. Siswa dapat mengkombinasikan warna pada gambar
Metode Pembelajaran : Ceramah, Apersepsi, Latihan, Demonstrasi
Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan Pertama
Kegiatan Awal :
Salam pembuka
Apersepsi dan motivasi
Absensi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Siswa diminta menghidupkan komputer
Siswa diminta membuka program paint.
Guru memberikan contoh gambar ( 1 ) dan siswa diminta meniru sesuai contohnya
Guru memberi contoh gambar penggunaan garis
Guru memberikan arahan cara menggambar yang benar.
Guru mengawasi pengerjaan dan menunjukkan pemecahan bila siswa mengalami masalah
Kegiatan Akhir :
Guru memberikan evaluasi
Guru memberikan kesimpulan
Salam penutup
Pertemuan Kedua
Kegiatan Awal :
Salam pembuka
Apersepsi dan motivasi
Absensi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Siswa diminta menghidupkan komputer
Siswa diminta membuka program paint.
Guru memberikan contoh gambar ( 2 ) dan siswa diminta meniru sesuai contohnya
Guru memberi contoh gambar penggunaan kotak
Guru memberikan arahan cara menggambar yang benar.
Guru mengawasi pengerjaan dan menunjukkan pemecahan bila siswa mengalami masalah
Kegiatan Akhir :
Guru memberikan evaluasi
Guru memberikan kesimpulan
Salam penutup
Pertemuan Ketiga
Kegiatan Awal :
Salam pembuka
Apersepsi dan motivasi
Absensi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Siswa diminta menghidupkan komputer
Siswa diminta membuka program paint.
Guru memberikan contoh gambar ( 3 ) dan siswa diminta meniru sesuai contohnya
Guru memerikan contoh gambar penggunaan bulat
Guru memberikan arahan cara menggambar yang benar.
Guru mengawasi pengerjaan dan menunjukkan pemecahan bila siswa mengalami masalah
Kegiatan Akhir :
Guru memberikan evaluasi
Guru memberikan kesimpulan
Salam penutup
Pertemuan Keempat
Kegiatan Awal :
Salam pembuka
Apersepsi dan motivasi
Absensi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Siswa diminta menghidupkan komputer
Siswa diminta membuka program paint.
Guru memberikan contoh gambar ( 4 ) dan siswa diminta meniru sesuai contohnya
Guru memberikan contoh gambar penggunaan polygon
Guru memberikan arahan cara menggambar yang benar.
Guru mengawasi pengerjaan dan menunjukkan pemecahan bila siswa mengalami masalah
Kegiatan Akhir :
Guru memberikan evaluasi
Guru memberikan kesimpulan
Salam penutup
Pertemuan Kelima
Kegiatan Awal :
Salam pembuka
Apersepsi dan motivasi
Absensi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Siswa diminta menghidupkan komputer
Siswa diminta membuka program paint.
Guru memberikan contoh gambar ( 5 ) dan siswa diminta meniru sesuai contohnya
Guru memberikan contoh gambar penggunaan kurva
Guru memberikan arahan cara menggambar yang benar.
Guru mengawasi pengerjaan dan menunjukkan pemecahan bila siswa mengalami masalah
Kegiatan Akhir :
Guru memberikan evaluasi
Guru memberikan kesimpulan
Salam penutup
Pertemuan Keenam
Kegiatan Awal :
Salam pembuka
Apersepsi dan motivasi
Absensi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Siswa diminta menghidupkan komputer
Siswa diminta membuka program paint.
Guru memberikan contoh gambar ( 6 ) dan siswa diminta meniru sesuai contohnya
Guru memberikan contoh penggunaan gambar variasi
Guru memberikan arahan cara menggambar yang benar.
Guru mengawasi pengerjaan dan menunjukkan pemecahan bila siswa mengalami masalah
Kegiatan Akhir :
Guru memberikan evaluasi
Guru memberikan kesimpulan
Salam penutup
Pertemuan Ketujuh
Kegiatan Awal :
Salam pembuka
Apersepsi dan motivasi
Absensi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Siswa diminta menghidupkan komputer
Siswa diminta membuka program paint.
Guru memberikan contoh gambar ( 7 ) dan siswa diminta meniru sesuai contohnya
Siswa diminta menggambar bebas sesuai variasi masing-masingnya.
Guru memberikan arahan cara menggambar yang benar.
Guru mengawasi pengerjaan dan menunjukkan pemecahan bila siswa mengalami masalah
Kegiatan Akhir :
Guru memberikan evaluasi
Guru memberikan kesimpulan
Salam penutup
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
(...........................) (.........................)
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran : Mulok Komputer
Kelas / Semester : II / 2
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Mendemonstrasikan ikon menggambar pada paint
Kompetensi Dasar : Mengolah dan mengedit bentuk gambar
Materi : 1. Membalik dan memutar ( flip / rotate ) gambar
2. Memperbesar dan memiringkan ( skew ) gambar
3. Membalikkan warna ( invert color ) gambar
4. Menghapus semua gambar ( color image )
Indikator : 1. Siswa dapat membalik dan memutar ( flip/rottate ) gambar
2. Siswa dapat memperbesar dan memiringkan ( skew ) gambar
3. Siswa dapat membalikkan warna ( invert color ) gambar
4. Siswa dapat menghapus semua gambar ( clear image )
Metode Pembelajaran : Ceramah, Apersepsi, Latihan, Demonstrasi
Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan Pertama
Kegiatan Awal :
Salam pembuka
Apersepsi dan motivasi
Absensi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Guru memberikan materi tentang cara membalik dan memutar gambar
Guru memberikan kesempatan tanya jawab
Siswa diminta untuk menghidupkan komputer
Siswa diminta membuka Microsoft Paint
Siswa diminta menuliskan nama dengan ikon teks
Siswa diminta untuk membalik dan memutar tulisan sesuai dengan apa yang telah dijelaskan
Apabila siswa kesulitan guru memberikan arahan
Siswa diminta mengulang kegiatan dengan objek gambar
Apabila dinilai sudah benar, kemudian disimpan.
Kegiatan Akhir :
Guru memberikan evaluasi
Guru memberikan kesimpulan
Salam penutup
Pertemuan Kedua
Kegiatan Awal :
Salam pembuka
Apersepsi dan motivasi
Absensi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Guru memberikan materi tentang cara memperbesar dan memiringkan gambar
Guru memberikan kesempatan tanya jawab
Siswa diminta untuk menghidupkan komputer
Siswa diminta membuka Microsoft Paint
Siswa diminta menggambar objek sederhana
Siswa diminta untuk memperbesar dan memiringkan gambar sesuai penjelasan yang telah diberikan guru
Apabila siswa kesulitan guru memberikan arahan
Siswa diminta mengulang kegiatan dengan membuka file yang sudah ada
Apabila dinilai sudah benar, kemudian disimpan.
Kegiatan Akhir :
Guru memberikan evaluasi
Guru memberikan kesimpulan
Salam penutup
Pertemuan Ketiga
Kegiatan Awal :
Salam pembuka
Apersepsi dan motivasi
Absensi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Guru memberikan materi tentang cara membalikkan warna gambar
Guru memberikan kesempatan tanya jawab
Siswa diminta untuk menghidupkan komputer
Siswa diminta membuka Microsoft Paint
Siswa diminta menggambar objek sederhana
Siswa diminta untuk membalikkan warna gambar sesuai dengan apa yang telah dijelaskan
Apabila siswa kesulitan guru memberikan arahan
Siswa diminta mengulang kegiatan dengan membuka file yang sudah ada
Apabila dinilai sudah benar, kemudian disimpan.
Kegiatan Akhir :
Guru memberikan evaluasi
Guru memberikan kesimpulan
Salam penutup
Pertemuan Keempat
Kegiatan Awal :
Salam pembuka
Apersepsi dan motivasi
Absensi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Guru memberikan materi tentang cara menghapus semua gambar ( clear image )
Guru memberikan kesempatan tanya jawab
Siswa diminta untuk menghidupkan komputer
Siswa diminta membuka Microsoft Paint
Siswa diminta untuk menulis dengan ikon teks atau menggambar objek bebas
Siswa diminta untuk menghapus gambar sesuai materi yang telah diberikan
Apabila kesulitan guru memberikan arahan
Siswa diminta mengulang urutan kegiatan seperti yang dilakukan di awal
Apabila dinilai sudah benar, kemudian disimpan.
Kegiatan Akhir :
Guru memberikan evaluasi
Guru memberikan kesimpulan
Salam penutup
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
(...........................) (.........................)
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran : Mulok Komputer
Kelas / Semester : II / 2
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi : Mendemonstrasikan ikon menggambar pada paint
Kompetensi Dasar : Mengubah dan mengedit bentuk gambar
Materi : 1. Membatalkan perintah terakhir (undo )
2. Membatalkan pembatalan terakhir ( repeat )
3. Menyalin atau mengcopi ( copy )
4. memotong ( cut )
Indikator : 1. Siswa dapat membatalkan perintah terakhir ( undo )
2. Siswa dapat membatalkan pembatalan terakhir ( repeat )
3. Siswa dapat menyalin atau mengkopi ( copy )
4. Siswa dapat memotong ( cut )
Metode Pembelajaran : Ceramah, Apersepsi, Latihan, Demonstrasi
Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan Pertama
Kegiatan Awal :
Salam pembuka
Apersepsi dan motivasi
Absensi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Guru menanyakan kepada siswa ikon / gambar-gambar undo, repeat, copy, dan cut.
Guru memberikan materi pada siswa tentang bentuk, fungsi dan posisi ikon-ikon tersebut
Guru memberikan kesempatan untuk bertanya jawab
Siswa diminta menghidupkan komputer
Siswa diminta untuk membuka program Microsoft Paint
Siswa diminta untuk menggambar sederhana
Apabila ada kesalahan siswa disuruh untuk menggunakan ikon undo
Apabila ingin mengembalikan gambar / warna seperti sebelum dibatalkan digunakan repeat
Guru memberikan arahan/ bimbingan agar gambar yang dihasilkan dapat baik / bagus
Apabila dinilai sudah benar dan bagus, kemudian disimpan.
Kegiatan Akhir :
Guru memberikan evaluasi
Guru memberikan kesimpulan
Salam penutup
Pertemuan Kedua
Kegiatan Awal :
Salam pembuka
Apersepsi dan motivasi
Absensi
Penyampaian tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Guru meminta siswa untuk membuka file menggambar terdahulu
Guru memberikan penjelasan tentang cara menyalin / mengcopi dan memotong ( cut )
Siswa diminta untuk mengcopi gambar dan meletakkan di tempat yang baru
Guru meminta untuk memotong sebagian gambar dengan ikon cut
Siswa diberikan kebebasan untuk mengekspresikan imajinasinya
Apabila sudah benar dan bagus, maka disimpan.
Kegiatan Akhir :
Guru memberikan evaluasi
Guru memberikan kesimpulan
Salam penutup
0 Komentar