Terbaru

6/recent/ticker-posts

CONTOH PROPOSAL SUBSIDI INOVASI PENGEMBANGAN SEKOLAH

PROPOSAL SUBSIDI
INOVASI PENGEMBANGAN SMK
...............................................................................
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Arah Kebijakan Nasional dalam Bidang Pendidikan yang dituangkan dalam rencana Strategi Dikmenjur 2005 – 2009 bahwa prioritas pembangunan pendidikan kejuruan akan diarahkan pada peningkatan akses, peningkatan mutu dan relevansi serta efisiensi manajemen pendidikan.
Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini, maka perlu adanya peningkatan mutu pendidikan dalam segala bidang terutama peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) serta peralatan. Yang tak kalah penting adalah peningkatan mutu pelayanan pendidikan kejuruan bagi masyarakat luas dan mutu manajemen sekolah itu sendiri.
SMK .....................sebagai salah satu sekolah kejuruan bidang Bisnis Manajemen dan Pariwisata berkewajiban melaksanakan dan mendukung program Dikmenjur seperti yang tertuang dalam Renstra Dikmenjur. Program tersebut antara lain adalah peningkatan mutu SDM, manajemen dan peralatan penunjang pemelajaran.
Dengan meningkatnya mutu SDM, manajemen dan lainnya diharapkan dapat juga meningkatkan mutu pelayanan pendidikan kejuruan. Hal ini sangat penting supaya bisa membekali peserta didik sesuai dengan tuntutan Dunia Usaha/ Dunia Industri (DU/DI) dan pasar kerja yang dewasa ini menuntut bukan hanya ketrampilan semata. Selain itu juga diharapkan peserta didik juga bisa berwirausaha, sehingga ini bisa membuka lapangan kerja baru.
B.    Dasar Pemikiran
Pada saat ini telah memasuki milenium ketiga dimana globalisasi bukan lagi masa yang akan datang, tetapi telah menjadi tantangan yang harus dijalani. Di era globalisasi saat ini sudah mulai terasa dalam beberapa hal terutama yang berkaitan dengan IPTEK serta media informasi dan komunikasi massa. Hal ini mengisyaratkan bahwa persaingan antar bangsa di dunia akan segera berlangsung dan bangsa yang tidak siap bersaing akan menjadi korban.
Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) adalah jawaban terhadap tuntutan dan tantangan tersebut di atas, karena itu peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan terus ditingkatkan dan dikembangkan yang sesuai dengan pasar kerja baik untuk skala regional, nasional maupun internasional.

C.    Kondisi yang Diharapkan
Untuk mengantisipasi hal tersebut di atas, SMK ..................... sebagai institusi yang mencetak tenaga kerja tingkat menengah diharapkan selalu berupaya meningkatkan mutu tamatannya. Dengan cara membekali sebanyak mungkin pengetahuan dan ketrampilan yang sesuai dengan tuntutan tenaga kerja.
Salah satu upaya yang dapat ditempuh oleh SMK ......................yaitu meningkatkan SDM baik Kepala Sekolah, Guru maupun Karyawan, Karyawati SMK Muhammadiyah 3 Gemolong yang berdampak pada meningkatnya mutu tamatan SMK ...............................

VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
D.    Visi SMK ....................................
Terwujudnya lembaga Diklat Kejuruan yang Berstandar Nasional dan Internasional.
E.    Misi SMK ..........................................
1.    Menyiapkan tamatan agar menjadi warga negara yang produktif, adaptif dan kreatif.
2.    Mengembangkan iklim belajar yang berakar pada norma dan nilai budaya bangsa Indonesia.
3.    Mewujudkan pelayan prima dalam upaya pemberdayaan sekolah dan masyarakat.
4.    Menyiapkan siswa agar mampu memiliki karier.
5.    Mampu berkompetensi dan mampu mengembangkan diri serta menumbuhkan jiwa mandiri sesuai dengan kebijaksanaan pemerintah.
F.    Tujuan Sekolah
Secara umum SMK ................................bertujuan menata sistem pendidikan kejuruan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manuisa yang mengacu pada kecenderungan (Tren) kebutuhan pasar kerja baik secara regional, nasional maupun internasional.
Sedangkan tujuan khusus SMK ..............................adalah sebagai berikut :
1.    Peningkatan mutu manajemen Kepala Sekolah yang menjamin terselenggaranya pendidikan di sekolah dengan baik, dengan berwawasan luas dan sesuai dengan kecakapan hidup (life skill).
2.    Meningkatkan kualitas guru yang meliputi mata diklat Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, KKPI, PPKn, Sejarah, Matematika dan guru produktif dengan mengikuti diklat dan sertifikasi standar nasional/ internasional.
3.    Menyediakan tenaga teknisi sekolah dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk perawatan praktek Komputer dan terwujudnya web-site sekolah.
4.    Menyediakan penunjang pemelajaran seperti buku referensi untuk kelengkapan perpustakaan dan sarana penunjang lainnya.
TANTANGAN NYATA
G.    Kondisi Sekolah
Pada kenyataannya masih banyak siswa SMK yang menyelesaikan pendidikannya kurang memiliki bekal pengetahuan dan ketrampilan yang memadai sesuai tuntutan dunia kerja sehingga menimbulkan kendala dalam bersaing dalam pasar bebas.
Berdasarkan Kurikulum 2004 Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) masih banyak guru-guru yang belum mampu menguasai bahkan mengaplikasikan kurikulum tersebut pada kegiatan belajar mengajar setiap harinya.
H.    Sarana dan Prasarana
Tanah Pekarangan, lahan praktek
a.    Tanah milik sendiri
a.1.  Luas tanah seluruhnya    :    3.882 M2
a.2.  Status tanah    :     Hak milik
a.3.  Tanah berasal dari    :     Pembelian
a.4.  Surat tanah oleh    :     ............................
    Nomor    :    1.  No. 882      ;  Tgl. ..................
            2.  No. 02189    ;  Tgl. .................
            3.  No. 02345    ;  Tgl. 5.................
Gedung / Bangunan
a.    Bangunan milik sendiri    :    2.882 M2
a.1.  Sifat bangunan    :    Permanen
a.2.  Status pemakaian    :    Dipakai sendiri
b.    Halaman Sekolah    :    Ada
Kelengkapan Bangunan / Gedung
a.      Penerangan Listrik    :    Ada   /  Daya 13.500 Watt  /  220 Volt
b.      Air bersih    :     Ledeng  /  Sumur
Penggunaan Ruangan    ;

Nama Ruang     Milik Sendiri    Sewa / Pinjam      
     Banyaknya Ruang    Luas    Banyaknya Ruang    Luas      
a.    Ruang Kepala Sekolah
b.    Ruang guru
c.    Ruang Tata Usaha
d.    Ruang Tamu
e.    Ruang Aula
f.    Ruang Teori
g.    Ruang Praktek
h.    Ruang Perpustakaan
i.    Ruang UKS
j.    Ruang Bimbingan dan Penyuluhan
k.    Gudang
l.    Laboratorium Komputer
m.    Laboratorium Bahasa Inggris
n.    Laboratorium Menjahit
o.    Ruang Ibadah    1
1
1
1

27
2
1
1
1
1
3
1
2
1    48 M2
84 M2
50 M2
4 M2
– M2
1.512 M2
144 M2
56 M2
32 M2
32 M2
30 M2
112 M2
56 M2
68 M2
72 M2    –













–    –













–   

Perabot Sekolah
b.    Mesin stensil kantor    :    1    buah
c.    Mesin tik kantor    :    2    buah
d.    Mesin hitung kantor    :    5    buah
e.    Mesin fotocopy    :    1    buah
f.    Kipas angin    :    1    buah
g.    Almari Kantor    :    15    buah
h.    Meja dan kursi Ruang Kepala Sekolah, Guru dan TU    :    60/ 80    buah
i.    Meja murid    :    900    buah
j.    Kursi murid    :    1.800    buah
k.    Almari kelas    :    –    buah
l.    Meja dan kursi tamu    :    2    stel
m.    Komputer siswa    :    86    buah
n.    Komputer kantor    :    4    buah
o.    Mesin tulis siswa    :    55    buah
p.    Filling kabinet    :    2    buah
q.    Rak buku    :    10    buah
r.    Handycam    :    1    buah
s.    Camera digital    :    1    buah
t.    Camera manual    :    1    buah
u.    Kas register    :    5    buah
v.    Pesawat TV    :    2    buah
w.    Telepon    :    1    buah
x.    Mesin jahit    :    75    buah
y.    OHP    :    1    unit
Peralatan praktek pokok sekolah




SASARAN
Dengan memperhatikan tujuan dan tantangan di atas, kami dapat menentukan sasaran, yaitu :
1.    Menyelenggarakan Program keahlian yang baru yaitu Bidang Keahlian Teknik Informasi dan komunikasi dengan Program keahlian Multimedia.
2.    Tercukupinya peralatan (sarana prasarana) yang dibutuhkan untuk kegiatan belajar mengajar.

RENCANA KEGIATAN DAN RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA (RAPB) PROGRAM SUBSIDI INOVASI SMK ................................................., TAHUN ANGGARAN 2007.
Pemasukan
1.    Dana Pendamping             Rp.   .....................
2.    Bantuan yang diharapkan        Rp.   ................................
    Jumlah                     Rp.   .........................
Pengeluaran

Sarana / Lab Baru

NO    URAIAN    BANYAK    HARGA SATUAN    JUMLAH      
1    Meja Komputer    20    .....................    ..................      
2    Kursi    20    ..........................    ...................      
3    Komputer P IV    10    ....................    .................      
4    Komputer PIV untuk Server    1    ......................    .....................      
4    Printer Laser    1    .......................    .....................      
5    Printer Desajet Colour    2    .........................    .............................      
6    Scanner    2    ...........................    ..........................      
7    Foto Digital    1    ............................    ..........................      
8    Handycam    1    .........................    ......................      
    Jumlah            ..........   


PENUTUP
Dengan tersusunnya proposal Inovasi Pengembangan SMK .............................................., tim penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat baik langsung maupun tidak langsung.
Penyusun berharap semoga proposal yang sederhana ini mendapat perhatian serta dukungan dari semua pihak, baik warga sekolah, masyarakat, dunia usaha/ industri, Pemerintah Kabupaten Sragen, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten .......................n, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi ...................., serta Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, sehingga tujuan yang diharapkan dapat terealisir dengan baik.


..................................

Posting Komentar

0 Komentar