a. Hakikat Bahasa
Dalam kurikulum 1994 dijelaskan pengertian bahasa sebagai berikut : “Bahasa memungkinkan manusia untuk saling berhubungan (berkomunikasi), saling berbagi pengalaman, saling belajar dari yang lain, dan meningkatkan kemampuan intelektual.” (Depdikbud, 1993 : hal 1)
Sementara itu, dalam kurikulum 2006 disebutkan bahwa “Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi” (BSNP, 2006 : hal 175)
b. Hakikat Belajar
Kurikulum 2004 menjelaskan bahwa “ Sekolah merupakan tempat dan kesempatan untuk belajar. Kegiatan belajar adalah kegiatan sepanjang hayat, kegiatan yang tidak berhenti pada saat siswa tamat sekolah. Oleh karena itu, kegiatan di sekolah tidak sekadar pengajaran, melainkan juga kegiatan pemelajaran. (Depdiknas, 2004 : hal 78)
c. Hasil Belajar
Yusi Rosdiana dan Lis Setiawati dalam buku Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Bahasa Indonesia menjelaskan pengertian hasil belajar sebagai berikut : “Hasil belajar adalah cermin kemampuan peserta didik dalam memenuhi suatu tahapan pencapaian pengalaman belajar dalam satu kompetensi dasar. Hasil belajar dapat dirinci sebagai indikator. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran”.(Universitas Terbuka, 2007 : hal 7.10)
d. Mendengarkan
Menurut KBBI “Mendengarkan adalah v 1 mendengar akan sesuatu dengan sungguh-sungguh; memasang telinga baik- baik untuk mendengar; 2 memperhatikan; mengindahkan; menurut (nasihat atau bujukan, dsb). Sedangkan simak v, menyimak v 1 mendengarkan (memperhatikan) baik-baik apa yang diucapkan atau dibaca orang ; 2 meninjau (memeriksa, mempelajari) dengan teliti”.
e. Hasil belajar Bahasa Indonesia aspek mendengarkan berita dari radio atau
televisi
Dalam Kurikulum 2006 dijelaskan bahwa “Hasil belajar Bahasa Indonesia aspek mendengarkan berita adalah siswa mampu memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita. Selanjutnya siswa mampu menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat.Dan pada akhirnya siswa mampu menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat”
Selain itu dalam buku yang sama dalam Standar Kompetensi. dan Kompetensi Dasar Kelas VIII Semester 2 dijelaskan pula bahwa “Hasil belajar bahasa Indonesia aspek mendengarkan berita radio atau televisi adalah siswa mampu memahami isi berita dari radio atau televisi. Selanjutnya diharapkan siswa mampu menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar atau ditonton melalui radio atau televisi. Yang pada akhirnya siswa mampu mengemukakan kembali berita yang didengar atau ditonton melalui radio atau televisi”.
Hasil belajar yang dimaksud adalah nilai ulangan dari kegiatan mendengarkan berita dari radio atau televisi. Hasil itu bisa berupa data kuantitatif atau berupa angka-angka maupun kualitatif atau berupa huruf. Angka yang digunakan adalah skala 1-100.
Dalam kurikulum 1994 dijelaskan pengertian bahasa sebagai berikut : “Bahasa memungkinkan manusia untuk saling berhubungan (berkomunikasi), saling berbagi pengalaman, saling belajar dari yang lain, dan meningkatkan kemampuan intelektual.” (Depdikbud, 1993 : hal 1)
Sementara itu, dalam kurikulum 2006 disebutkan bahwa “Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi” (BSNP, 2006 : hal 175)
b. Hakikat Belajar
Kurikulum 2004 menjelaskan bahwa “ Sekolah merupakan tempat dan kesempatan untuk belajar. Kegiatan belajar adalah kegiatan sepanjang hayat, kegiatan yang tidak berhenti pada saat siswa tamat sekolah. Oleh karena itu, kegiatan di sekolah tidak sekadar pengajaran, melainkan juga kegiatan pemelajaran. (Depdiknas, 2004 : hal 78)
c. Hasil Belajar
Yusi Rosdiana dan Lis Setiawati dalam buku Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Bahasa Indonesia menjelaskan pengertian hasil belajar sebagai berikut : “Hasil belajar adalah cermin kemampuan peserta didik dalam memenuhi suatu tahapan pencapaian pengalaman belajar dalam satu kompetensi dasar. Hasil belajar dapat dirinci sebagai indikator. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran”.(Universitas Terbuka, 2007 : hal 7.10)
d. Mendengarkan
Menurut KBBI “Mendengarkan adalah v 1 mendengar akan sesuatu dengan sungguh-sungguh; memasang telinga baik- baik untuk mendengar; 2 memperhatikan; mengindahkan; menurut (nasihat atau bujukan, dsb). Sedangkan simak v, menyimak v 1 mendengarkan (memperhatikan) baik-baik apa yang diucapkan atau dibaca orang ; 2 meninjau (memeriksa, mempelajari) dengan teliti”.
e. Hasil belajar Bahasa Indonesia aspek mendengarkan berita dari radio atau
televisi
Dalam Kurikulum 2006 dijelaskan bahwa “Hasil belajar Bahasa Indonesia aspek mendengarkan berita adalah siswa mampu memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita. Selanjutnya siswa mampu menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat.Dan pada akhirnya siswa mampu menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat”
Selain itu dalam buku yang sama dalam Standar Kompetensi. dan Kompetensi Dasar Kelas VIII Semester 2 dijelaskan pula bahwa “Hasil belajar bahasa Indonesia aspek mendengarkan berita radio atau televisi adalah siswa mampu memahami isi berita dari radio atau televisi. Selanjutnya diharapkan siswa mampu menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar atau ditonton melalui radio atau televisi. Yang pada akhirnya siswa mampu mengemukakan kembali berita yang didengar atau ditonton melalui radio atau televisi”.
Hasil belajar yang dimaksud adalah nilai ulangan dari kegiatan mendengarkan berita dari radio atau televisi. Hasil itu bisa berupa data kuantitatif atau berupa angka-angka maupun kualitatif atau berupa huruf. Angka yang digunakan adalah skala 1-100.
0 Komentar