D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami
instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
|
1.1
Merespon
dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks
kelas
1.2
Merespon
instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan
instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
|
2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan
secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, memberi
salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi aba-aba
2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta
bantuan, meminta barang, dan memberi barang
2.3
Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: berterima kasih, meminta
maaf, memberi maaf, melarang,
memuji, dan mengajak
2.4
Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank
you, sorry, please, dan excuse me
|
Membaca
3
Memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
dalam konteks kelas
|
3.1
Membaca
nyaring dengan melafalkan alfabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan kata,
frasa, dan kalimat sangat sederhana
3.2
Memahami
kalimat dan pesan tertulis
sangat sederhana
|
Menulis
4
Mengeja
dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
|
4.1
Mengeja
ujaran bahasa Inggris sangat sederhana
secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang
melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
4.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima
seperti: ucapan selamat dan pesan tertulis
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
|
5.1
Merespon
dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam
konteks kelas dan dalam berbagai permainan
5.2
Merespon
instruksi sangat sederhana secara verbal
|
Berbicara
|
6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat
sederhana secara berterima
6.2 Bercakap-cakap
untuk menyertai tindakan secara
berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan
sesuatu dan memberi aba-aba
6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta
bantuan, meminta barang, memberi barang
6.4 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta ijin,
memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal, dan meminta kejelasan
6.5 Mengungkapkan
kesantunan secara berterima
yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me
|
Membaca
|
7.1
Membaca
nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa,
dan kalimat sangat sederhana
7.2
Memahami
kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana
|
Menulis
|
8.1
Mengeja
ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan
tanda baca yang benar yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat
sederhana
8.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima
seperti ucapan selamat dan pesan tertulis
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
0 Komentar