Penilaian
oleh Satuan Pendidikan
Penilaian
hasil belajar yang dilakukan oleh satuan pendidikan dimaksudkan untuk
menilai pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata
pelajaran. Penilaian tersebut meliputi penentuan KKM, penentuan
kriteria kenaikan kelas, penentuan kriteria program pembelajaran bagi
satuan pendidikan yang menerapkan sistem paket dan sistem kredit
semester, penyelenggaraan ujian sekolah, dan penentuan kelulusan.
Mata
pelajaran yang diujikan adalah mata pelajaran yang tidak termasuk
dalam mata pelajaran ujian nasional. Cakupan materinya diambil dari
materi kelas 4, 5, dan 6.
1.
Waktu
Penentuan
KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran melalui musyawarah antara
guru, kepala sekolah, dan stake holder lainnya. Begitupula penentuan
kriteria kenaikan kelas sebaiknya melalui musyawarah warga sekolah
dan stake holder.
Pelaksanaan
ujian sekolah dilaksanakan pada akhir tahun pelajaran.
2.
Teknik
Teknik
pelaksanaan ujian sekolah dapat diberikan dalam bentuk tertulis dan
praktik
3. Langkah-langkah menentukan KKM
Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan
mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik,
kompleksitas kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung
meliputi warga sekolah, sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan
pembelajaran. Satuan pendidikan diharapkan meningkatkan kriteria
ketuntasan belajar secara terus menerus untuk mencapai kriteria
ketuntasan ideal.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan KKM
adalah sebagai berikut:
1. Hitung jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata
pelajaran setiap kelas!
2. Tentukan kekuatan/nilai untuk setiap aspek/komponen,
sesuaikan dengan kemampuan masing-masing aspek:
a. Aspek Kompleksitas:
Semakin komplek (sukar) KD maka nilainya semakin rendah
tetapi semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi.
b. Aspek Sumber Daya Pendukung
Semakin tinggi sumber daya pendukung maka nilainya
semakin tinggi.
c. Aspek intake
Semakin tinggi kemampuan awal siswa (intake) maka
nilainya semakin tinggi.
3. Jumlahkan nilai setiap komponen, selanjutnya dibagi
3 untuk menentukan KKM setiap KD!
4. Jumlahkan seluruh KKM KD, selanjutnya dibagi dengan
jumlah KD untuk menentukan KKM mata pelajaran!
5. KKM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak
sama tergantung pada kompleksitas KD, daya dukung, dan potensi siswa.
0 Komentar