Sesuai dengan paradigma baru hendaklah strategi belajar mengajar mengacu pada konsep pembelajaran yang berubah dari pembelajaran berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa. Agar pelaksanaan strategi dapat berjalan dengan baik guru harus selektif dalam memilih suatu kerangka konsep penerapannya yaitu model pembelajaran. Menurut Soekamto ( 1997:10 ), menyatakan bahwa model pembelajaran merupakan kerangka konseptual yan dijadikan pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan pengajaran.
Model pembelajaran dipengaruhi beberapa faktor antara lain : tujuan ,bahan, kemampuan guru, dan kondisi siswa. Sebagai pendidika guru harus menguasai model yang akan diterapkannya dan tidak terpaku pada satu model pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan guru harus membangun suasana interaksi pengajaran yang edukatif, menempatkan peserta didik pada keterlibatan aktif belajar dan mempertinggi perolehan hasil belajar.
Dalam pembelajaran baca tulis al quran sebagai pendidik, guru mengingingkan agar siswanya dapat memahami pengetahuan pembelajarannya, berfikir kritis dalam menanggapi persoalan dan menerapkan di lingkungan masyarakat sebagai wujud hasil belajar. Sayangnya,impian tersebut terkadang tidak terealisasikan. Hal itu disebabkan kesulitan guru dalam memilik model pembelajaran terkadang kurang tepat atau hanya menggunakan satu model pembelajaran dalam mengajar.
Berdasarkan hal tersebut, maka seorang guru harus mampu menerapkan suatu model pembelajaran sekaligus merencanakan pembelajaran, memberikan tehnik penyajian yang bisa memotivasi anak didiknya agar mampu menerapkan pengetahuan dan pengalaman untuk memecahkan masalah serta mampu berfikir kreatif dan percaya diri untuk mengungkapkan pendapatnya sendiri.
DENORAHAYUModel pembelajaran dipengaruhi beberapa faktor antara lain : tujuan ,bahan, kemampuan guru, dan kondisi siswa. Sebagai pendidika guru harus menguasai model yang akan diterapkannya dan tidak terpaku pada satu model pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan guru harus membangun suasana interaksi pengajaran yang edukatif, menempatkan peserta didik pada keterlibatan aktif belajar dan mempertinggi perolehan hasil belajar.
Dalam pembelajaran baca tulis al quran sebagai pendidik, guru mengingingkan agar siswanya dapat memahami pengetahuan pembelajarannya, berfikir kritis dalam menanggapi persoalan dan menerapkan di lingkungan masyarakat sebagai wujud hasil belajar. Sayangnya,impian tersebut terkadang tidak terealisasikan. Hal itu disebabkan kesulitan guru dalam memilik model pembelajaran terkadang kurang tepat atau hanya menggunakan satu model pembelajaran dalam mengajar.
Berdasarkan hal tersebut, maka seorang guru harus mampu menerapkan suatu model pembelajaran sekaligus merencanakan pembelajaran, memberikan tehnik penyajian yang bisa memotivasi anak didiknya agar mampu menerapkan pengetahuan dan pengalaman untuk memecahkan masalah serta mampu berfikir kreatif dan percaya diri untuk mengungkapkan pendapatnya sendiri.
0 Komentar