Dalam proses pembelajaran untuk mencapai keberhasilan tujuan pembelajaran aktivitas siswa sangat diperlukan, karena siswa sebagai subyek didik yang merencanakan dan yang melaksanakan belajar dengan bimbingan guru. Untuk itu guru senantiasa memberikan rangsangan kepada siswa agar berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran. Untuk menciptakan kondisi belajar mengajar tersebut sedikitnya ditentukan oleh lima variabel, yaitu : melihatkan siswa secara aktif, menarik minat dan perhatian siswa, membangkitkan motivasi siswa, prinsip individualitas, serta peragaan dalam pengajaran Pengalaman di lapangan dalam proses pembelajaran kimia di SMA menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kurang aktif.
Kurang aktifnya siswa dalam pembela.jaran kimia juga terjadi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Sukoharjo . Dari hasil wawancara dengan beberapa siswa diketahui bahwa penyebab kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran kimia adalah guru kurang berminat menerapkan metode-metode dan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa. Guru dalam proses pembelajaran cenderung monoton dalam menyampaikan materi pembelajaran yaitu banyak menggunakan metode ceramah. Kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran dapat berdampak pada hasil belajar yang dicapai oleh siswa.
Untuk lebih meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran kimia agar menunjang tercapainya keberhasilan siswa dalam mencapai kompetensi bahan pembelajaran maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan metode Team-Games-Tournament (TGT) menggunakan permainan teka-teki silang (TTS), word square, dan ular tangga
Jurnal PTKKurang aktifnya siswa dalam pembela.jaran kimia juga terjadi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Sukoharjo . Dari hasil wawancara dengan beberapa siswa diketahui bahwa penyebab kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran kimia adalah guru kurang berminat menerapkan metode-metode dan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa. Guru dalam proses pembelajaran cenderung monoton dalam menyampaikan materi pembelajaran yaitu banyak menggunakan metode ceramah. Kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran dapat berdampak pada hasil belajar yang dicapai oleh siswa.
Untuk lebih meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran kimia agar menunjang tercapainya keberhasilan siswa dalam mencapai kompetensi bahan pembelajaran maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan metode Team-Games-Tournament (TGT) menggunakan permainan teka-teki silang (TTS), word square, dan ular tangga
1 Komentar
maksih atas artikelnya pak, salam kenal http://wd-kira.blogspot.com/
BalasHapus