Pada kondisi awal guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran IPS. Dari data hasil belajar IPS siswa kelas IV pada kondisi awal di atas menunjukkan bahwa nilai tertinggi siswa adalah 80,nilai terendah adalah 50,dan nilai rata-rata adalah 63,jauh di bawah KKM yang ditetapkan,yaitu 70.Jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan KKM hanya 7 siswa (29 %), dari total 24 siswa kelas IV, artinya nasih ada 17 siswa lain yang nilaianya di bawah KKM.
Pada siklus I guru peneliti sudah menerapkan metode bermain peran dan diskusi dalam pembelajaran IPS kelas IVdari data hasil belajar siklus I di atas terlihat bahwa nilai tertinggi siswa adalah 90,nilai terendah adalah 60,dan nilai rata-rata adalah 69,(masih di bawah KKM yang ditetapkan,yaitu 70.Jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan KKM hanya 14 siswa (58 %), dari total 24 siswa kelas IV, artinya nasih ada 7 siswa lain yang nilainya di bawah KKM.
Baca dan Download Jurnal PTK kelas 4 SD Mapel IPS materi Peta
0 Komentar