Hasil observasi di lapangan juga ditemukan fakta bahwa pada saat proses pembelajaran, siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kurang aktifnya siswa terlibat dalam pembelajaran ditunjukkan dengan kurang adanya interaksi timbal balik antara guru dengan siswa, siswa merasakan kejenuhan sehingga menyebabkan beberapa diantaranya membuat gaduh dan mengganggu konsentrasi siswa lain, kurangnya penguasaan materi pelajaran serta kurangnya kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa tidak berani bertanya kepada guru tentang materi yang belum dimengerti juga belum bisa bekerja sama dalam kelompok secara maksimal.Kondisi tersebut tentu saja berdampak pada kurang optimalnya prestasi belajar yang diperoleh siswa dalam pembelajaran PKn. Kurang optimalnya hasil pembelajaran PKn yang diperoleh siswa kelas V semester I SD Negeri Ngadirejo 03 Kartasura tahun pelajaran 2015/2016 tercermin dari hasil yang diperoleh dalam ulangan harian.
Berdasarkan nilai ulangan harian, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata prestasi belajar siswa V semester I SD Negeri Ngadirejo 03 Kartasura tahun pelajaran 2015/2016 dalam pembelajaran PKn adalah sebesar 65.95. Nilai tersebut masih di bawah KKM yang ditetapkan untuk pembelajaran PKn, yaitu dengan KKM > 67.00.Hasil analisis terhadap ketuntasan belajar siswa menunjukkan bahwa dari 38 orang siswa yang ada, ternyata baru 18 orang siswa atau 47.37% yang sudah mencapai ketuntasan belajar dengan KKM > 67.00. Sisanya sebanyak 20 orang siswa atau 52.63% masih belum mencapai ketuntasan belajar. Hal ini tentu saja masih jauh dari harapan di mana seharusnya sebanyak > 80.00% siswa sudah mencapai ketuntasan belajar sesuai apa yang ditetapkan dalam kurikulum sekolah.
Berdasarkan kondisi tersebut di atas, maka diperlukan adanya perbaikan pembelajaran yang dilakukan guru. Perbaikan yang dilakukan difokuskan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Langkah ini dilakukan dengan mengganti metode pembelajaran ceramah dengan strategi pembelajaran yang lebih menyenangkan dan meningkatkan aktivitas belajar siswa. Salah satu strategi pembelajaran untuk mengantisipasi kelemahan strategi pembelajaran yang sering dipakai oleh seorang guru pada umumnya adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Information Search. Strategi pembelajaran ini sangat membantu dalam menghidupkan materi yang tidak menarik. Pada pembelajaran ini menekankan pada penggunaan struktur tertentu yang dirancang untuk mempengaruhi interaksi siswa mampu bekerja sama dalam kelompok kecil dengan mencari informasi pada sumber buku yang relevan sesuai dengan mata pelajaran PKn.
|||DOWNLOAD PTK|||
0 Komentar