|||DOWNLOAD FILE PTK DISINI|||
Berdasakan rumusan masalah, hasil penelitian, dan pembahasan dalam penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kontekstual model inkuiri ini dapat disimpulkan sebagai berikut:
Proses pembelajaran pemahaman struktur dan fungsi pada tumbuhan berlangsung lancar dengan suasana menyenangkan dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan keaktifan dari cukup aktif menjadi aktif, peningkatan ketelitian dari cukup teliti menjadi teliti, rasa ingin tahu dari sedang menjadi tinggi, dan kerjasama cukup menjadi baik.
Terdapat peningkatkan dari kondisi awal dengan siklus II mengalami peningkatan yaitu nilai belum tuntas dari 14 siswa (68,42%) turun menjadi 0 siswa (0,00%) turun 14 (68,42%), Nilai tuntas dari 6 siswa (31,58%) menjadi 19 siswa (100%) yaitu meningkat 13 siswa (68,42%). Nilai rata-rata 61,52 meningkat menjadi 82,78 yaitu meningkat 21,26
Perubahan perilaku siswa kelas IV SD Negeri Banaran 01 semester I tahun pelajaran 2011/2012 mengalami perubahan perilaku kearah positip, dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata indikator 3,55 menjadi 4,20 perubahanya 0,65, dan persentase dari 71,1% menjadi 83,8% perubahanya 12,7%.
0 Komentar