Terbaru

6/recent/ticker-posts

PTK SD: PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPA MATERI MEMAHAMI GAYA MELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES BAGI SISWA KELAS IV

|||DOWNLOAD PTK DISINI|||
Temuan di lapangan menunjukkan bahwa  pembelajaran IPA khususnya di kelas IV Semester Genaptahun pelajaran 2014/2015 di SD Negeri Purwotomo No. 97 Surakarta untuk materi memahami gayabelum sesuai dengan  tujuan  yang  diharapkan dalam  standar  isi  yang  dikeluarkan  oleh  BNSP.

Sistem pembelajaran  selama  ini  masih  berpusat  kepada  guru, sehingga  pemahaman  siswa terhadap  fakta-fakta,  konsep-konsep dan pembelajaran IPA masih kurang. Hal itu disebabkan siswa kurang terlibat secara proses dan kurang terlatihnya keterampilan intelektual dalam proses pembelajaran  sehingga  pembelajaran  dirasakan  kurang bermakna. Begitu  pun  pada  saat dilaksanakan ulangan nilainya masih jauh dari standar yang diharapkan.

Kondisi tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA konsep memahami gaya, khususnya pada siswa kelas IV Semester Genaptahun pelajaran 2014/2015 di SD Negeri Purwotomo No. 97 Surakarta. Nilai rata-rata hasil ulangan harian di kelas tersebut baru mencapai 54.17 yang sangat jauh di bawah KKM yang ditetapkan yaitu dengan nilai > 67.0.Ditinjau dari penguasan penuh secara klasikal, tingkat ketuntasan kelas baru mencapai 19.44% dari jumlah siswa. Hal ini diartikan bahwa dari 36 siswa yang ada, baru ada 7 orang siswa yang sudah memperoleh nilai > 67.0

Berdasarkan  pengamatan  proses  pembelajaran  IPA selama  ini, ditemukan beberapa  hal yang sebenarnya masih dapat dicarikan jalan keluarnya untuk meningkatkan proses pembelajaran tersebut. Untuk menemukan  data yang  konkret  tentang  hal  ini,  maka  dirasakan perlu  untuk melaksanakan Penelitian  Tindakan  Kelas  guna  meningkatkan  pemahaman siswa tentang Memahami gaya  dengan pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas IV Semester Genap tahun pelajaran 2014/2015 di SD Negeri Purwotomo No. 97 Surakarta.

|||DOWNLOAD PTK DISINI|||


Posting Komentar

0 Komentar