Terbaru

6/recent/ticker-posts

PROTA IPA KELAS 6

PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Satuan Pendidikan : -----------------------------
Tahun Pelajaran     : ----------------------------
Kelas                        : VI


Smt    No    Standar Kopetensi/Kompetensi Dasar    Alokasi waktu    Keterangan      
1    1







2








3








4






5





6    Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
1.1    Mendeskripsikan hubungan  antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek)  dan lingkungan hidupnya
1.2    Mendeskripsikan  hubungan  antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan  (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya
Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
2.1 Mendeskripsikan  perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
2.2 Mendeskripsikan  ciri-ciri  perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan
2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
2.4 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia
Memahami  pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
3.1 Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
3.2 Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
3.3 Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan
4.1 Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati  kepunahan
4.2 Mendeskripsikan  pentingnya pelestarian jenis makhluk  hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat
Benda dan Sifatnya
Memahami  saling hubungan antara  suhu, sifat hantaran dan  kegunaan benda
5.1    Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan  panas dari berbagai benda
5.2    Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas
Memahami faktor penyebab perubahan benda
6.1    Menjelaskan  faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan
6.2    Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari
 Ulangan harian
   

          
               J U M L A H           
 
    Mengetahui
Kepala Sekolah



( ............................... )        ...................., ............
Guru Mapel Sains



( ............................... )   

Catatan
Prota  memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu tahun dengan alokasi waktu selama satu tahun. Jumlah alokasi waktu  pada prota diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif  Matematika  yang ada di suatu Sekolah Dasar  yaitu jumlah pekan efektif  satu tahun x alokasi waktu Matematika  di struktur kurikulum SD/MI  (minimal 5 jam).  Jumlah pekan efektif satu tahun sesuai aturan terentang 34 -38 minggu. Misalnya, minggu  efektif   semester 1 yang ada di SD/MI  17  dan semester 2 juga 17. Jam efektif matematika satu semester  sejumlah 17x5 = 85 jam.  Berarti satu tahun sekolah memiliki 170 jam efektif untuk mapel matematika. Alokasi waktu sejumlah 85 jam  per semester tersebut diatur untuk pembelajaran  semua KD yang  ada  pada satu semester dan untuk ulangan harian.



PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Satuan Pendidikan : --------------------------------
Tahun Pelajaran     : --------------------------------
Kelas                        : VI


Smt    No    Standar Kopetensi/Kompetensi Dasar    Alokasi waktu    Keterangan      
2    7







8







9





    Energi dan Perubahannya
Mempraktikkan  pola penggunaan dan perpindahan energi
7.1.    Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas)
7.2.    Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik
Memahami pentingnya penghematan energi
8.1.    Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
8.2.    Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik/alarm/model lampu lalu lintas/ kapal terbang/mobil-mobilan/model penerangan rumah)
Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya
9.1 Mendeskripsikan  sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya
9.2 Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan
9.3 Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
9.4 Menjelaskan  perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah
 Ulangan harian    

          
               J U M L A H           

   

Mengetahui
Kepala Sekolah



( ............................... )        ...................., ............
Guru Mapel Sains



( ............................... )   

Catatan
Prota  memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu tahun dengan alokasi waktu selama satu tahun. Jumlah alokasi waktu  pada prota diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif  Matematika  yang ada di suatu Sekolah Dasar  yaitu jumlah pekan efektif  satu tahun x alokasi waktu Matematika  di struktur kurikulum SD/MI  (minimal 5 jam).  Jumlah pekan efektif satu tahun sesuai aturan terentang 34 -38 minggu. Misalnya, minggu  efektif   semester 1 yang ada di SD/MI  17  dan semester 2 juga 17. Jam efektif matematika satu semester  sejumlah 17x5 = 85 jam.  Berarti satu tahun sekolah memiliki 170 jam efektif untuk mapel matematika. Alokasi waktu sejumlah 85 jam  per semester tersebut diatur untuk pembelajaran  semua KD yang  ada  pada satu semester dan untuk ulangan harian.

Posting Komentar

0 Komentar