Terbaru

6/recent/ticker-posts

PROTA IPA KELAS 5



PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Satuan Pendidikan : .....................................
Tahun Pelajaran     : .................................
Kelas                        : V


Smt    No    Standar Kopetensi/Kompetensi Dasar    Alokasi waktu    Keterangan      
1    1










2





3





4







    Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
1.1    Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia
1.2    Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia
1.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia
Memahami  cara tumbuhan hijau membuat makanan
2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau  membuat makanan
2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu  untuk mempertahankan hidup
3.2    Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu  untuk mempertahankan hidup
Benda dan Sifatnya
Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil  suatu proses
4.1    Mendeskripsikan hubungan  antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain, dan kertas
4.2    Menyimpulkan  hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap
Ulangan harian    

          
               J U M L A H           

   

Mengetahui
Kepala Sekolah




( ............................... )        ...................., ............
Guru Mapel Sains




( ............................... )   

Catatan
Prota  memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu tahun dengan alokasi waktu selama satu tahun. Jumlah alokasi waktu  pada prota diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif  Matematika  yang ada di suatu Sekolah Dasar  yaitu jumlah pekan efektif  satu tahun x alokasi waktu Matematika  di struktur kurikulum SD/MI  (minimal 5 jam).  Jumlah pekan efektif satu tahun sesuai aturan terentang 34 -38 minggu. Misalnya, minggu  efektif   semester 1 yang ada di SD/MI  17  dan semester 2 juga 17. Jam efektif matematika satu semester  sejumlah 17x5 = 85 jam.  Berarti satu tahun sekolah memiliki 170 jam efektif untuk mapel matematika. Alokasi waktu sejumlah 85 jam  per semester tersebut diatur untuk pembelajaran  semua KD yang  ada  pada satu semester dan untuk ulangan harian.






PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Satuan Pendidikan :
Tahun Pelajaran     : .....................................
Kelas                        : V


Smt    No    Standar Kopetensi/Kompetensi Dasar    Alokasi waktu    Keterangan      
2    5







6




7











    Energi dan Perubahannya
Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
5.1    Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
5.2    Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
Menerapkan  sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model
6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
6.2 Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya
Bumi dan Alam Semesta
Memahami  perubahan  yang  terjadi di  alam  dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam
7.1    Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan
7.2    Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
7.3    Mendeskripsikan struktur bumi
7.4 Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya
7.5 Mendeskripsikan  perlunya  penghematan air
7.6 Mengidentifikasi peristiwa  alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan
7.7 Mengidentifikasi  beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
 Ulangan harian    

          
               J U M L A H           

   

Mengetahui
Kepala Sekolah




( ............................... )        ...................., ............
Guru Mapel Sains




( ............................... )   

Catatan
Prota  memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu tahun dengan alokasi waktu selama satu tahun. Jumlah alokasi waktu  pada prota diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif  Matematika  yang ada di suatu Sekolah Dasar  yaitu jumlah pekan efektif  satu tahun x alokasi waktu Matematika  di struktur kurikulum SD/MI  (minimal 5 jam).  Jumlah pekan efektif satu tahun sesuai aturan terentang 34 -38 minggu. Misalnya, minggu  efektif   semester 1 yang ada di SD/MI  17  dan semester 2 juga 17. Jam efektif matematika satu semester  sejumlah 17x5 = 85 jam.  Berarti satu tahun sekolah memiliki 170 jam efektif untuk mapel matematika. Alokasi waktu sejumlah 85 jam  per semester tersebut diatur untuk pembelajaran  semua KD yang  ada  pada satu semester dan untuk ulangan harian.

Posting Komentar

0 Komentar