Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP BAHASA INGGRIS SD KELAS 3/1: Berkomunikasi dengan menggunakan wacana lisan sangat sederhana secara fisik atau/ dan verbal yang disajikan dalam suasana bermain. 3




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : SD                                                     Pertemuan                          : ….
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris                               Metode                                : Contextual Learning
Kelas/Semester          : III/Semester I                                   Alokasi Waktu                    : … x 1 jam
Tema                           : Activity
__________________________________________________________________________________________________________________
Standar Kompetensi:
Berkomunikasi dengan menggunakan wacana lisan sangat sederhana secara fisik atau/ dan vwebal yang disajikan dalam suasana bermain.
Kompetensi Dasar:
1.   Mendengarkan
Kemampuan memahami wacama lisan yang berbentuk dialog atau monolog pendek dan sederhana.
2.   Berbicara
Kemampuan menghafal dialog atau monolog pendek dan sederhana.
3.   Membaca
Kemampuan memahami makna pada wacana tertulis yang berbentuk dialog atau monolog pendek dan sederhana.
4.   Menulis
Kemampuan mengungkapkan gagasan secara tertulis dengan ejaan yang benar pada tingkat kata, frasa, dan kalimat sederhana.
Indikator:
F Siswa mampu memahami wacana lisan yang berbentuk dialog atau monolog pendek dan sederhana yang sesuai dengan tema school activity and home activities.
F Siswa mampu menghafal dialog atau monolog pendek dan sederhana yang sesuai dengan tema school activity and home activities.
F Siswa mampu memahami makna pada wacana tertulis yang berbentuk dialog atau monolog pendek dan sederhana yang sesuai dengan tema school activity and home activities.
F Siswa mampu mengungkapkan secara tertulis dengan ejaan yang benar pada tingkat kata, frasa, dan kalimat sederhana yang sesuai dengan tema school activity and home activities.
A.   Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan ejaan yang benar pada tingkat kata yang sederhana yang berhubungan dengan kegiatan rumah.
B.   Materi Pembelajaran
Activity  :  a. School Activity          b. Home Activity
C.   Metode Pembelajaran
Contextual Learning
D.   Langkah-Langkah Kegiatan
I.    Kegiatan Pendahuluan
Motivasi     : Memotivasi siswa untuk mempelajari kosakata yang berhubungan dengan kegiatan di sekolah dan kegiatan rumah.
Prasyarat   : Siswa dapat menguasai kosakata dasar tentang kegiatan di sekolah dan kegiatan rumah.
II.   Kegiatan
Guru           : Memberi contoh pelafalan kosakata dan ungkapan yang berhubungan dengan kegiatan di sekolah dan kegiatan rumah.
Siswa         : Mampu memahami kosakata dan ungkapan tentang kegiatan di sekolah dan kegiatan rumah.
III.  Kegiatan Penutup
Siswa mengerjakan tugas dan berbicara takhsis perckapan sederhana tentang kegiatan di sekolah dan kegiatan rumah.
E.   Alat dan Sumber Belajar
F Buku yang berhubungan dengan tema
F Kamus Bahasa Inggris
F Gambar dan media penunjang
F.   Penilaian Hasil Belajar
1.   Written Test
F Name the pictures belows!                                            F Fill in the missing letters!
2.   Spoken Test
F Complete these dialogues, then practise them!            F Practise the dialogues below!

      Mengetahui
      Kepala SD                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran
      _________________                                                                                                        _________________
NIP                                                                                                                                                    NIP                                               

Posting Komentar

0 Komentar