RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
Tingkat Pendidikan : SD Kelas/Semester : III/Ganjil Mata Pelajaran : Penjasorkes |
Standar Kompetensi:
4. Mempraktikkan gerak dasar melalui aktivitas ritmik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar:
4.1 Mempraktikkan gerak dasar mengayun dan menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana tanpa musik, serta nilai percaya diri dan disiplin.
4.2 Mempraktikkan gerak dasar mengayun dan menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana beregu tanpa atau dengan diiringi musik, serta nilai percaya diri, disiplin, dan kerja sama.
Indikator:
1. Siswa memahami dan mempraktikkan rangkaian gerakan dalam senam irama.
2. Siswa mendeskripsikan dan mempraktikkan gerakan senam irama secara beregu.
Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1. Mempraktikkan gerakan senam irama mengayun dan menekuk lutut.
2. Mempraktikkan gerakan senam irama mengayun dan menekuk lutut secara beregu.
B. Materi Pembelajaran
1. Gerakan senam irama tangan dan kaki.
2. Gerakan senam irama secara individu dan beregu.
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inkuiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan situasi KBM)
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Kegiatan Pendahuluan
a. Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
b. Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II. Kegiatan Inti
a. Guru memberikan penjelasan pada siswa tentang materi pembelajaran dan memberikan contoh pelaksanaannya.
b. Siswa mempraktikkan dasar mengayun dan menekuk lutut dalam senam irama.
III. Kegiatan Penutup
a. Guru memberi solusi materi yang belum dipahami siswa.
b. Guru bersama siswa membuat rangkuman/kesimpulan hasil belajar dan praktik.
c. Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang dipelajari.
E. Sumber Belajar
1. Buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SD Kelas 3.
2. Referensi lain yang relevan.
3. Alat-alat praktik: kaset, CD, tape recorder, dan matras.
F. Penilaian Hasil Belajar
Uji Tertulis
Bentuk instrumen : Pilihan ganda, isian, jawab singkat, dan uraian.
Contoh soal : Jelaskan yang dimaksud dengan senam irama!
Portofolio
Contoh soal : Jelaskan cara melakukan gerakan mengayun lengan ke samping!
Mengetahui, Kepala Sekolah __________________ NIP | ………., …………………………… Guru Mata Pelajaran __________________________ NIP |
0 Komentar