Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP BAHASA INGGRIS SD KELAS 3/1: Berkomunikasi dengan menggunakan wacana lisan sangat sederhana secara fisik atau/ dan verbal yang disajikan dalam suasana bermain. 2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : SD                                                     Pertemuan                          : ….
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris                               Metode                                : Contextual Learning
Kelas/Semester          : III/Semester I                                   Alokasi Waktu                    : … x 1 jam
Tema                           : Animals
_________________________________________________________________________________________________________________________________________
Standar Kompetensi:
Berkomunikasi dengan menggunakan wacana lisan sangat sederhana secara fisik atau/ dan verbal yang disajikan dalam suasana bermain.
Kompetensi Dasar:
1.   Mendengarkan
Kemampuan memahami wacana lisan yang berbentuk dialog atau monolog pendek dan sederhana.
2.   Berbicara
Kemampuan menghafal dialog atau monolog pendek dan sederhana.
3.   Membaca
Kemampuan memahami makna pada wacana tertulis yang berbentuk dialog atau monolog pendek dan sederhana.
4.   Menulis
Kemampuan mengungkapkan gagasan secara tertulis dengan ejaan yang benar pada tingkat kata, frasa, dan kalimat sederhana.
Indikator:
F Siswa mampu memahami wacana lisan yang berbentuk dialog atau monolog pendek dan sederhana yang sesuai dengan tema  wild animals and tame animals.
F Siswa mampu menghafal dialog atau monolog pendek dan sederhana yang sesuai dengan tema wild animals and tame animals.
F Siswa mampu memahami makna pada wacana tertulis yang berbentuk dialog atau monolog pendek dan sederhana yang sesuai dengan tema wild animals and tame animals.
F Siswa mampu mengungkapkan secara tertulis dengan ejaan yang benar pada tingkat kata, frasa dan kalimat sederhana yang sesuai dengan tema wild animals and tame animals.
A.   Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan ejaan yang benar pada tingkat kata yang sederhana yang berhubungan dengan bagian-bagian dari rumah.
B.   Materi Pembelajaran
Animals:          a. Wild Animals      b. Tame Animals
C.   Metode Pembelajaran
Contextual Learning
D.   Langkah-Langkah Kegiatan
I.    Kegiatan Pendahuluan
Motivasi     : Memotivasi siswa untuk mempelajari kosakata yang berhubungan dengan berbagai macam hewan.
Prasyarat : Siswa dapat menguasai kosakata dasar tentang berbagai macam hewan.
II.   Kegiatan
Guru           : Memberi contoh pelafalan kosakata dan ungkapan yang berhubungan dengan berbagai macam hewan.
Siswa        : Mampu memahami kosakata dan ungkapan tentang berbagai macam hewan.
III.  Kegiatan Penutup
Siswa mengerjakan tugas dan berbicara takhsis percakapan sederhana tentang berbagai macam hewan.
E.   Alat dan Sumber Belajar
F Buku yang berhubungan dengan tema
F Kamus Bahasa Inggris
F Gambar dan media penunjang
F.   Penilaian Hasil Belajar
1.   Written Test
F Name the pictures below!
F Fill in the missing letters!
2.   Spoken Test
F Complete these dialogues then practise them!
F Practise the dialogues below!
      Kepala SD                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran
      _________________                                                                                                        _________________
      NIP                                                                                                                                    NIP                         

Posting Komentar

0 Komentar