Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP BAHASA INGGRIS SD KELAS 4/1: Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SD                                                           Pertemuan                  : ….
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris                                     Metode                        : Contextual Learning
Kelas/Semester          : IV (empat)/Semester I                          Alokasi Waktu            : …x 1 jam pelajaran
Tema                           : Things at Home
__________________________________________________________________________________________________________________
Standar Kompetensi:
1.   Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
2.   Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.
3.   Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4.   Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sederhana.
Kompetensi Dasar:
1.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas.
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas.
2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur meminta bantuan.
3.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana.
4.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
Indikator:
F   Siswa mampu merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas.
F   Siswa mampu merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas.
F   Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur meminta bantuan.
F   Siswa mampu memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana.
F   Siswa mampu mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
A.   Tujuan Pembelajaran
F   Siswa dapat berkomunikasi secara verbal lisan dan tertulis dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dan lancar dalam wacana dialog dan/atau monolog pendek dan sederhana tentang benda-benda di rumah.
B.   Materi Pembelajaran
Things at Home
C.   Metode Pembelajaran
Contextual Learning
D.   Langkah-Langkah Kegiatan
I.    Kegiatan Pendahuluan
Motivasi     : Memotivasi siswa untuk mempelajari kosakata dan frasa yang berhubungan dengan benda-benda yang ada di rumah.
Prasyarat   : Siswa telah mempelajari kosakata dasar tentang benda-benda yang ada di  rumah.
II.   Kegiatan
Guru           : Memberi contoh pelafalan kosakata dan ungkapan yang berhubungan dengan benda-benda yang ada di  rumah.
Siswa         : Mampu memahami kosa kata dan ungkapan tentang benda-benda yang ada di rumah.
III.  Penutup
Siswa mengerjakan tugas dan berbicara takhsis percakapan sederhana tentang benda-benda yang ada di rumah.
E.   Sumber Belajar
F   Buku yang berhubungan dengan tema
F   Kamus Bahasa Inggris
F   Gambar dan media penunjang
F.   Penilaian Hasil Belajar
1.   Written Test
-     Fill in the blanks!
-     Answer the following questions!
2.   Spoken  Test
-     Practise these dialogues!
-     Complete the dialogues below, then practise them!

      Mengetahui
      Kepala SD                                                                                                        Guru Mata Pelajaran

      _________________                                                                                        _________________
      NIP                                                                                                                    NIP

Posting Komentar

0 Komentar