RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Pertemuan : ….
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Metode : Contextual Learning
Kelas/Semester : IV (empat)/Semester I Alokasi Waktu : …x 1 jam pelajaran
Tema : Calendar
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Standar Kompetensi:
5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.
7. memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sederhana
Kompetensi Dasar:
1.11 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas.
2.5 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterinma yang melibatkan tindak tutur memberi apa-apa.
3.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana.
4.6 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
Indikator:
F Siswa mampu merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas.
F Siswa mampu merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas.
F Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur meminta bantuan.
F Siswa mampu memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana.
F Siswa mampu mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
A. Tujuan Pembelajaran
F Siswa dapat berkomunikasi secara verbal lisan dan tertulis dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dan lancar dalam wacana dialog dan / atau monolog pendek dan sederhana tentang kalender.
B. Materi Pembelajaran
Calendar
C. Metode Pembelajaran
Contextual Learning
D. Langkah-langkah pembelajaran
I. Kegiatan Pendahuluan
Motivasi : Memotivasi siswa untuk mempelajari kosa kata dan frasa yang berhubungan dengan kalender.
Prasyarat : Siswa telah mempelajari kosa kata dasar tentang kalender.
II. Kegiatan
Guru : Memberi contoh pelafalan kosa kata dan ungkapan yang berhubungan dengan kalender.
Siswa : Mampu memahami kosa kata dan ungkapan tentang kalender.
III. Penutup
Siswa mengerjakan tugas dan berbicara takhsis percakapan sederhana tentang kalender.
E. Sumber Belajar
F Buku yang berhubungan dengan tema
F Kamus Bahasa Inggris
F Gambar dan media penunjang
F. Penilaian Hasil Belajar
1. Written Test
- Fill in the blanks!
- Answer the following questions!
2. Spoken Test
- Practise these dialogues!
- Complete the dialogues below, then practise them!
Mengetahui
Kepala SD Guru Mata Pelajaran
_________________ _________________
NIP NIP
0 Komentar