RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tingkat Pendidikan : SD
Kelas/semester : IV/1
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Tahun Pelajaran : 2008/2009
Standar Kompetensi
5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
Kompetensi Dasar
5.1 Mengidentifikasi hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
5.2 Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran.
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Menjelaskan hubungan sesama makhluk hidup dengan lingkungannya.
2. Memahami bentuk hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
B. Materi Pembelajaran
• Simbiosis
• Hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
C. Metode Pembelajaran
• Ceramah, observasi, dan diskusi
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
2. Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan saksama.
II. Kegiatan Inti
1. Siswa melakukan observasi ke sawah bersama kelompoknya untuk mengamati hubungan yang terjadi di antara komponen pendukung ekosistem sawah.
2. Siswa melakukan diskusi kelas tentang hasil observasinya.
3. Siswa menjelaskan akibat dari aktivitas manusia yang memengaruhi ekosistem.
III. Kegiatan Penutup
1. Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal evaluasi.
2. Tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaan.
E. Sumber Belajar
1. Buku IPA SD kelas IV
2. Referensi lain yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
I. Pemahaman dan Penerapan Konsep
Bentuk instrumen: Pilihan Ganda, Isian, dan Uraian.
Contoh soal Uraian:
1. Mengapa ladang berpindah dapat merusak lingkungan?
II. Kinerja Ilmiah
Bentuk Instrumen: Tes praktik.
Siswa melakukan kunjungan beberapa ekosistem di sekitarnya.
Mengetahui, ............, …………………….
Kepala Sekolah Guru Kelas
____________________ ____________________
NIP NIP
0 Komentar