Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP IPA SD KELAS 4/ 1: Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tingkat Pendidikan      :   SD
Kelas/semester            :   IV/1
Mata Pelajaran              :   IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Tahun Pelajaran            :   2008/2009

Standar Kompetensi
6.   Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya.

Kompetensi Dasar
6.1 Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu.
6.2 Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair à padat à cair; cair à gas à cair; padat à gas.
6.3 Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya.

Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran.
A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1.   Membedakan wujud dan sifat benda padat, cair, dan gas.
2.   Menjelaskan proses dan faktor yang memengaruhi perubahan wujud benda.
3.   Memahami pengaruh sifat bahan dengan kegunaannya.

B.  Materi Pembelajaran
     Sifat-sifat benda
     Perubahan wujud benda
     Sifat bahan dan kegunaannya

C.  Metode Pembelajaran
     Ceramah, praktik, dan diskusi.

D.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
I.    Kegiatan Pendahuluan
1.   Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
2.   Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan saksama.
II.   Kegiatan Inti
1.   Siswa melakukan praktik tentang pelarutan suatu zat.
2.   Siswa berdiskusi tentang hasil pratik yang dilakukannya secara berkelompok.
3.   Siswa menjodohkan nama-nama alat dengan sifat bahan dasar yang telah disediakan dalam teks.
III.  Kegiatan Penutup
1.   Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal evaluasi.
2.   Tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaan.

E.   Sumber Belajar
1.   Buku IPA SD kelas IV
2.   Referensi lain yang relevan

F.   Penilaian Hasil Belajar
I.    Pemahaman dan Penerapan Konsep
      Bentuk instrumen: Pilihan Ganda, Isian, dan Uraian
      Contoh soal: isian
1.   Payung dan jas hujan terbuat dari bahan yang bersifat ….

II.   Kinerja Ilmiah
      Bentuk Instrumen: Tes praktik.
      Siswa melakukan praktik untuk membandingkan kelarutan suatu zat.


Mengetahui,                                                                                                         ............, …………………….
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Kelas



____________________                                                                                 ____________________
NIP                                                                                                                         NIP

Posting Komentar

0 Komentar