|     RENCANA   PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)  |   
|     Tingkat   Pendidikan  :  SD Kelas/Semester      :  III/1 Mata   Pelajaran        :  IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)  |   
Standar Kompetensi :
1.  Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama di sekitar rumah dan sekolah.
Kompetensi Dasar :
1.3 Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator : 
1.   Menjelaskan denah dan peta.
2.  Membuat denah dan peta
 Alokasi Waktu : ... x 1 jam pelajaran
A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1.  Menjelaskan denah dan peta.
2.  Mempraktikkan membuat denah dan peta.
B.  Materi Pembelajaran
1.  Mengenal denah dan peta
     2.  Membuat denah dan peta
C.  Metode Pembelajaran
1.  Ceramah bervariasi                                              
2.  Diskusi                                                                
3.  Inquiri (pemeriksaan dengan sistem interview)                    
4.  Tanya jawab
5.  Simulasi
6.  Observasi
(Menyesuaikan dengan situasi KBM)
D.  Kegiatan Pembelajaran
1.  Mengenal Denah dan Peta
I.   Kegiatan Pendahuluan
1.  Guru memberi pre-test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2.  Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II.  Kegiatan Inti
1.  Menggali informasi melalui kajian pustaka mengenai cara membuat denah dan peta.
2.  Guru menjelaskan cara membuat denah dan peta.
3.  Siswa membuat denah dan peta sederhana.
4.  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang sudah dipelajari. 
5.  Guru memberikan tes lisan kepada siswa.
III. Kegiatan Penutup
1.  Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2.  Guru memberi pre-test untuk mengetahui daya serap materi.
3.  Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.
2.  Membuat Denah dan Peta
I.   Kegiatan Pendahuluan
1.  Guru memberi pre-test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2.  Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II.  Kegiatan Inti
1.  Menggali informasi melalui kajian pustaka mengenai cara membuat denah dan peta.
2.  Guru menjelaskan cara membuat denah dan peta.
3.  Siswa membuat denah dan peta sederhana.
4.  Guru memberikan ringkasan materi.
5.  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang sudah dipelajari.
6.  Guru memberikan tes lisan kepada siswa.
III. Kegiatan Penutup
1.  Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2.  Guru memberi pre-test untuk mengetahui daya serap materi.
3.  Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.
E.  Sumber Belajar
1.  Buku IPS SD Kelas III                   
2.  LKS Fokus
3.  Referensi lain yang relevan
F.  Penilaian Hasil Belajar
I.   Penguasaan Konsep
Bentuk instrumen :  Pilihan ganda, jawab singkat, menjodohkan, dan uraian.
Contoh soal         :  Apa yang dimaksud denah?
II.  Penerapan
Bentuk instrumen :  Portofolio
Contoh soal         :  Gambarlah denah swalayan atau toserba!
|     Mengetahui, Kepala   Sekolah, ___________________ NIP     |        …………….., ……       Guru Kelas, ___________________ NIP  |   
0 Komentar