Terbaru

6/recent/ticker-posts

RPP KELAS BHS JAWA SD KELAS II/Semester I, 4





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tingkat Pendidikan  : SD
Kelas/Semester      : II/Ganjil
Mata Pelajaran        : Basa Jawa

Standar Kompetensi:
1.  Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan melalui mendengarkan pesan, ungkapan, cerita, dongeng, atau percakapan sederhana.
2.  Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh yang berlaku.
3.  Mampu membaca dan memahami berbagai teks pendek dengan teknik membaca bersuara dan membaca indah beberapa kalimat sederhana berupa cerita wayang, dongeng, dan geguritan.
4.  Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan secara tertulis dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang berlaku.
5.  Mampu mengapresiasi susastra Jawa.

Kompetensi Dasar:
1.1 Mendengarkan dan memahami pesan lisan yang bertema keluarga (hubungan kekerabatan).
2.1 Mengajukan pertanyaan secara lisan.
3.2 Membaca pemahaman.
4.2 Menulis pengalaman sendiri.
5.2 Mengapresiasi instrumen/alat musik.

Indikator:
·      Siswa mampu menyimak pesan lisan dengan benar.
·      Siswa mampu mengajukan pertanyaan kepada orang lain.
·      Siswa mampu membaca dan memahami isi bacaan dengan benar.
·      Siswa mampu menceritakan pengalaman pribadi.
·      Siswa mampu mengenal jenis-jenis alat musik.

Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran
A.   Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1.    Menyimak pesan dan menyampaikannya ke teman lain.
2.    Membuat pertanyaan dari cerita yang telah dibaca.
3.    Membaca dengan memahami bacaan dan menjawab pertanyaan bacaan.
4.    Menceritakan pengalaman pribadi.
5.    Menyebutkan alat-alat musik.

B.   Materi Pembelajaran
·     Nyemak
·     Micara
·     Maca
·     Nulis
·     Apresiasi Sastra
C.   Metode Pembelajaran
1.   Ceramah bervariasi
2.   Diskusi
3.   Inkuiri
4.   Tanya jawab
5.   Simulasi
6.   Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan situasi KBM)

D.   Langkah-Langkah Kegiatan
I.    Kegiatan Pendahuluan
1.   Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2.   Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II.   Kegiatan Inti
1.   Guru menjelaskan tentang cara menyimak dan memahami pesan, membuat pertanyaan secara lisan, membaca dan memahami isi bacaan, menulis pengalaman pribadi, mengapresiasi jenis-jenis alat musik.
2.   Siswa mengamati dan merespon penjelasan guru.
3.   Siswa secara berkelompok mendiskusikan penjelasan guru.
4.   Siswa membuat kesimpulan sementara dan masing-masing anggota kelompok mengomunikasikannya.
5.   Guru menanggapi jawaban siswa dan memberi informasi yang benar.
III.  Kegiatan Penutup
1.   Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2.   Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi.
3.   Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.

E.   Sumber Belajar
1.   Buku Basa Jawa SD Kelas II.
2.   Referensi lain yang relevan.

F.   Penilaian Hasil Belajar
A.  Uji Tertulis
Bentuk instrumen   :   Pilihan ganda, isian, dan uraian.
Contoh soal           :   Apa sing dirasakake Sekar ing panti?
B.  Uji Praktik/Portofolio
Contoh soal          :   1.  Goleka crita dongeng ing sadhengah sumber karo kelompokmu!
                                 2.  Guntingen utawa salinen ing salembar kertas, banjur wacakna ana ing ngarep kelas!
                                 3.  Gawea pitakonan cacah lima jumbuh karo isine dongeng!



        Mengetahui,
      Kepala Sekolah



__________________
NIP
                    ………., ……………………………
                                        Guru Kelas



                    __________________________
                    NIP

Posting Komentar

0 Komentar