| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
| Tingkat Pendidikan : SD Kelas/Semester : V/Ganjil Mata Pelajaran : Basa Jawa |
Standar Kompetensi:
1. Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan pesan langsung cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegemaran.
2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dengan ragam bahasa tertentu.
3. Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan dengan berbagai teknik membaca bersuara, membaca cepat, membaca indah, dan membaca huruf Jawa.
4. Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa.
5. Mampu mengapresiasi susastra Jawa.
Kompetensi Dasar:
1.4 Mendengarkan percakapan/dialog.
2.2 Melakukan wawancara dengan memerhatikan pilihan kata dan santun berbahasa yang sesuai.
3.3 Membaca cepat.
4.1 Menulis karangan.
5.2 Mengapresiasi cerita rakyat atau dongeng.
Indikator:
· Siswa mampu menyimak dialog dengan benar.
· Siswa mampu melakukan wawancara.
· Siswa mampu membaca cepat dan memahami isinya.
· Siswa mampu membuat kerangka karangan dan mengembangkan menjadi karangan.
· Siswa mampu mengapresiasi dongeng.
Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1. Menyimak dan menjawab pertanyaan dari dialog yang didengarkan.
2. Melakukan wawancara dengan bahasa yang komunikatif.
3. Membaca cepat dan menjawab pertanyaan bacaan.
4. Melengkapi kerangka karangan sehingga menjadi karangan yang utuh.
5. Memahami isi dongeng dan dapat meringkas isi ceritanya.
B. Materi Pembelajaran
· Nyemak
· Micara
· Maca
· Nulis
· Apresiasi Sastra
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inkuiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan situasi KBM)
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang menyimak dialog dengan benar, melakukan wawancara, membaca cepat, menulis karangan, mengapresiasi dongeng.
2. Siswa mengamati dan merespon penjelasan guru.
3. Siswa secara berkelompok mendiskusikan penjelasan guru.
4. Siswa membuat kesimpulan sementara dan masing-masing anggota kelompok mengkomunikasikannya.
5. Guru menanggapi jawaban siswa dan memberi informasi yang benar.
III. Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2. Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi.
3. Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.
E. Sumber Belajar
1. Buku Basa Jawa kelas V.
2. Referensi lain yang relevan.
F. Penilaian Hasil Belajar
A. Uji Tertulis
Bentuk instrumen : Pilihan ganda, isian, dan uraian.
Contoh soal : Apa ancase program transmigrasi iku?
B. Uji Praktik/Portofolio
Contoh soal : Tindakna wawanrembug karo gurumu babagan urbanisasi utawa transmigrasi. Tulisen asil wawanrembug ana ing kertas folio banjur wacakna ing ngarep kelas!
| Mengetahui, Kepala Sekolah __________________ NIP | ………., …………………………… Guru Kelas __________________________ NIP |
0 Komentar