| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
| Tingkat Pendidikan : SD Kelas/Semester : V/Ganjil Mata Pelajaran : Basa Jawa |
Standar Kompetensi:
1. Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan pesan langsung cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegemaran.
2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dengan ragam bahasa tertentu.
3. Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan dengan berbagai teknik membaca bersuara, membaca cepat, membaca indah, dan membaca huruf Jawa.
4. Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa.
5. Mampu mengapresiasi susastra Jawa.
Kompetensi Dasar:
1.3 Mendengarkan cerita tokoh wayang.
2.3 Menyusun laporan wawancara.
3.1 Membaca pemahaman.
4.3 Meringkas.
5.1 Mengapresiasi susastra Jawa (misal: cerita wayang, naskah, drama, geguritan, dan sebagainya).
Indikator:
· Siswa mampu menyimak cerita wayang dan meringkas isinya.
· Siswa mampu melakukan wawancara dengan baik.
· Siswa mampu membaca dan memahami sebuah wacana.
· Siswa mampu meringkas bacaan.
· Siswa mampu mengapresiasi tembang macapat.
Alokasi Waktu: … x 1 jam pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa mampu:
1. Menyimak cerita wayang dan menemukan isi ceritanya.
2. Membuat laporan hasil wawancara.
3. Menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan bacaan.
4. Meringkas sebuah bacaan.
5. Menembangkan tembang macapat dengan benar.
B. Materi Pembelajaran
· Nyemak
· Micara
· Maca
· Nulis
· Apresiasi Sastra
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inkuiri
4. Tanya jawab
5. Simulasi
6. Observasi/pengamatan
(Menyesuaikan situasi KBM)
D. Langkah-Langkah Kegiatan
I. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan pretest berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2. Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas.
II. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang cerita wayang, wawancara, memahami bacaan, meringkas bacaan dan mengapresiasi tembang macapat.
2. Siswa mengamati dan merespon penjelasan guru.
3. Siswa secara berkelompok mendiskusikan penjelasan guru.
4. Siswa membuat kesimpulan sementara dan masing-masing anggota kelompok mengkomunikasikannya.
5. Guru menanggapi jawaban siswa dan memberi informasi yang benar.
III. Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar.
2. Guru memberi posttest untuk mengetahui daya serap materi.
3. Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS.
E. Sumber Belajar
1. Buku Basa Jawa kelas V.
2. Referensi lain yang relevan.
F. Penilaian Hasil Belajar
A. Uji Tertulis
Bentuk instrumen : Pilihan ganda, isian, dan uraian.
Contoh soal : Ing ngisor iki sing ora klebu pahlawan revolusi yaiku ....
a. Jendral Ahmad Yani
b. Jendral Katamso
c. Letkol Haryono
d. Jendral Sudirman
B. Uji Praktik/Portofolio
Contoh soal : Gawea kelompok cacahe wong lima! Kelompok mau nindakake wawancara marang wong sing ngerti marang sejarahe para pahlawan!
| Mengetahui, Kepala Sekolah __________________ NIP | ………., …………………………… Guru Kelas __________________________ NIP |
0 Komentar